get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Korban Serangan Seksual di Cile Bakal Bisa Berobat Pakai BPJS

Sabtu, 26 November 2022 | 21:41 WIB
header img
Kementerian Perempuan dan Kesetaraan Gender Cile, bakal memasukkan dampak medis yang diderita para korban serangan seksual. Foto: Ilustrasi/ Sindonews.com

SANTIAGO, Lintasbabel.iNews.id – Kementerian Perempuan dan Kesetaraan Gender Cile, bakal memasukkan dampak medis yang diderita para korban serangan seksual. Mereka akan dimasukan dalam daftar masalah dan penyakit yang ditanggung oleh asuransi kesehatan dalam jaminan kesehatan nasional setempat.

“Pada Hari Internasional untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan #25N (25 November) kami mengumumkan bersama dengan @ministeriosalud (Kementerian Kesehatan Cile) penggabungan perawatan kesehatan komprehensif untuk korban serangan seksual yang parah di bawah GES (Jaminan Kesehatan Langsung),” cuit kementerian itu pada Jumat (25/11/2022) waktu setempat.

Program GES di Cile mirip dengan program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di Indonesia. Lewat program itu, warga kurang mampu dapat memperoleh akses layanan kesehatan yang berkualitas dengan skema asuransi seperti BPJS Kesehatan.

Kementerian Perempuan dan Kesetaraan Gender Cile menjelaskan, dampak medis akibat kekerasan seksual sudah mencakup dalam 87 patologi dan masalah kesehatan yang dapat diklaim oleh GES.

Serangan seksual telah meningkat secara signifikan di Cile selama 7 tahun terakhir. Karenanya, pemerintah setempat memandang perlunya kebijakan jangka panjang untuk mengatasi berbagai persoalan medis yang mungkin timbul akibat serangan sejenis.

Kebijakan itu diharapkan tidak hanya akan membantu pihak berwenang mengambil langkah cepat untuk melindungi kesehatan fisik korban pascapenyerangan.

“Tetapi juga akan membantu memulihkan kesehatan moral mereka,” kata Menteri Perempuan dan Kesetaraan Gender Cile Antonia Orellana Guarello.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Di Cile, Korban Serangan Seksual Bakal Bisa Berobat Pakai BPJS "
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut