get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa PWK UBB Gelar Bakti Sosial, Sosialisasi Etika dan Moral di Panti Asuhan Aisyiyah

Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM Tanahwari Guna Pengembangan Usaha di Masa Pandemi Covid-19

Rabu, 16 November 2022 | 16:51 WIB
header img
Tim Penelitian Dosen Muda UBB melakukan wawancara dengan Owner Tanahwari, Finalia Arifin terkait strategi meningkatkan daya saing produk di era Pandemi Covid-19. Foto: Dokumen Pribadi

DOSEN Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung melakukan kegiatan Penelitian Dosen Muda pada UMKM Tanahwari, dengan tema “Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk Umkm Tanahwari Guna Pengembangan Usaha di Masa Pandemi Covid-19”. Kegiatan ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh dosen. Narasumber kegiatan ini adalah Ibu Finalia Arifin Pendiri Tanahwari. Penelitian ini memberikan informasi terkait meningkatkan daya saing produk UMKM guna pengembangan usaha di masa Pandemi Covid 19. 

Penelitian ini dilakukan, dikarenakan persaingan yang semakin ketat di era globalisasi dan peneliti ingin mengetahui faktor-faktor yang efektif, yang dapat dilakukan oleh UMKM Tanahwahri untuk mengembangkan usahanya, agar meningkatkan daya saingnya pada usaha pesaing yang sejenis.

Tanahwari merupakan salah satu UMKM yang bergerak di industri fashion, dimana pada setiap produknya, owner Tanahwari akan mendeskripsikan sejarah-sejarah yang ada di Bangka, sehingga pada produk Tanahwahri ini memiliki ciri khas.

Narasumber Ibu Finalia Arifin sebagai Pendiri Tanahwari sangat baik menerima Tim Peneliti untuk melakukan penelitian di UMKM Tanahwari. Menurut Ibu Finalia, inspirasi dalam mendirikan usaha Tanahwari adalah kebutuhanakan produk sandang, dalam hal ini pakaian yang bermotifkan sejarah. Karena kebetulan, Ibu Finalia lahir di Kota Muntok Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yang merupakan salah satu kota saksi sejarah Kemerdekaan Indonesia.

Jadi, semangat untuk mengangkat cerita sejarah melalui pakaian, strategi dalam pengembangan usaha Tanahwari ini, dimulai dari pengenalan produk dengan mengadakan sebuah pagelaran dan seminar mengenai perjuangan rakyat di Pulau Bangka, agar masyarakat tahu mengenai proses dan saksi sejarah perjuangan orang terdahulu dalam melawan penjajah.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut