get app
inews
Aa Read Next : Eks Kantor Bupati Bangka Disulap Jadi Perpustakaan

Resmi Dibuka, Perpustakaan Daerah Bangka Barat Sediakan Koleksi 26.000 Buku Termasuk Naskah Kuno

Selasa, 15 November 2022 | 16:29 WIB
header img
Masyarakat yang sedang membaca buku di perpustakaan daerah Bangka Barat. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rizki Ramadhani

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bangka Barat (Babar) yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Muntok, Kabupaten Babar, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) resmi dibuka untuk umum, Selasa (15/11/2022). Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Babar, Farouk Yohansyah mengatakan, di perpusda ini terdapat koleksi 26.000 buku

Selain koleksi buku, terdapat juga beberapa fasilitas lainnya seperti ruang baca, ruang pertemuan, ruang workshop atau ruang pameran yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. 

"Ada 26 ribu, tapi kita juga meminjamkan di berbagai perpusatakaan desa, sekolah dan komunitas, seperti ada juga di Lapas dan Panti Asuhan. Untuk naskah kuno kita baru dapat 13 dan arsip sejarah juga sedang mengurus juga, jadi baru dapat 20 set," ujar Farouk Yohansyah. 

Namun, Farouk Yohansyah menyebut koleksi buku ilmiah di perpustakaan daerah ini masih terbatas lantaran dalam tahapan proses pengolahan. 

"Ya, (buku) ilmiah kita satu bulan ini baru bekerjasama dengan Polman, UBB, Universitas Muhammadiyah, Pertiba, jurnal-jurnal disana untuk dihibahkan kesini. Cuma belum dapat ditampilkan karena masih pengolahan. Kalau koleksi buku ilmiah jumlahnya tidak sampai 1000 buku," tuturnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut