JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Kisah sukses pendiri Kopi Janji Jiwa dalam artikel kali ini bisa memotivasi dan menginspirasi Anda. Bagaimana dan seperti apa cara pendiri Kopi Janji Jiwa mengelola usahanya hingga bisa besar seperti sekarang, patut untuk Anda pelajari.
Siapa sebenarnya pendiri Kopi Janji Jiwa? Dia adalah Billy Kurniawan, pendiri brand franchise kopi Janji Jiwa yang menjadi salah satu brand kopi yang digandrungi masyarakat khususnya di kalangan kaum milenial.
Janji Jiwa didirikan Billy Kurniawan di tahun 2018 lalu. Billy membangun Janji Jiwa bermodal tekad dan nekat di sebuah gerai yang berlokasi di Kuningan pada saat itu.
Dalam menjalankan bisnisnya, Billy menganut prinsip ‘Jalani dulu, baru nikmati proses’. Ia mendirikan Janji Jiwa berdasarkan passionnya.
Sebelumnya, Billy merintis bisnis minuman bubble tea dengan nama Calais.
Dengan Calais, ia bisa dibilang cukup sukses pada saat itu karena sudah berhasil membuka 40 cabang. Ia pun tertantang untuk terjun ke bisnis kopi dengan modal awal Rp70 juta pada 2018.
Billy pun menjalani bisnisnya dengan modal sendiri alias tanpa dukungan dana investor.
Hanya dalam waktu 4 tahun, bisnis Janji Jiwa berkembang pesat dan berada dalam naungan Jiwa Group yang telah memiliki lebih dari 900 outlet di lebih dari 100 kota di Indonesia. Selain produk kopi Janji Jiwa, ada juga brand Jiwa Toast dan Jiwa Tea.
Kesuksesan Billy tersebut, tak lepas dari 3 filosofi bisnis yang diterapkannya dalam mengembangkan kopi Janji Jiwa yakni, "A cup from farmers:, A cup to partners", dan A cup for the people".
Berikut 3 filosofi bisnis Billy kurniawan, pendiri kopi Janji Jiwa yang membuatnya sukses mengembangkan bisnis tersebut:
1. A cup from farmers
Filosofi pertama ini berarti Janji Jiwa dalam menghasilkan segelas kopi ini mengambil biji kopi dari petani lokal di satu desa di Sumatera. Selain memenuhi pangsa pasar, satu gelas kopi yang dihasilkan Janji Jiwa dinilai turut memajukan para petani kopi lokal Indonesia.
2. A cup to partners
Filosofi kedua ini mengandung arti Janji Jiwa dikembangkan dengan konsep waralaba, yang dengan model bisnis tersebut, Billy turut membuka kesempatan kepada wirausahawan yang berminat untuk membuat kafe sendiri dengan merek kopi Janji Jiwa
3. A cup for the people
Filosofi ketiga ini menegaskan bahwa Janji Jiwa ingin memberi sebuah cerita proses penyajian kopi kepada konsumen. Di mana, Janji Jiwa melalui banyak proses untuk mengasilkan segelas kopi, mulai dari membeli biji kopi dari petani, lalu me-roasting sendiri biji kopi tersebut, dan menyajikannya kepada konsumen.
Itu tadi kisah sukses pendiri Kopi Janji Jiwa, semoga dapat menginspirasi Anda!
Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul "Intip 3 Filosofi Bisnis Billy Kurniawan, Pendiri Kopi Janji Jiwa"
Editor : Muri Setiawan