get app
inews
Aa Read Next : Rusia Tangkap Jenderal Sergey, Disebut-sebut Dalang Kudeta

BREAKING NEWS : Putin Resmi Deklarasikan Mobilisasi Parsial

Rabu, 21 September 2022 | 16:21 WIB
header img
Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi parsial untuk melanjutkan pertempuran di Ukraina. Foto: The Kiev Independent.

MOSCOW, lintasbabel.id - Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi parsial untuk melanjutkan pertempuran di Ukraina. Pengumuman mobilisasi ini disampaikan Putin dalam video pidatonya pada hari ini, (21/9/2022). 

Dilansir dari The Kiev Independent, selain mengumumkan mobilisasi yang menargetkan personil cadangan Angkatan Bersenjata Rusia ini, Putin juga menegaskan pihaknya akan mengambil langkah apapun, termasuk penggunaan senjata nuklir jika teritorial Rusia terancam. 

"Langkah mobilisasi akan dimulai hari ini," kata Putin. Ketika integritas teritorialnya terancam, Rusia akan menggunakan semua yang mereka bisa, ini bukan gertakan," kata Putin. 

Pernyataan Putin ini dilengkapi oleh Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu yang mengatakan bahwa rencana awal adalah untuk menarik hampir 300.000 tentara baru ke dalam barisan tentara. Jumlah ini masih jauh dibawah potensi mobilisasi yang mencapai 25 juta personil. 

Walaupun terpaksa melakukan mobilisasi parsial, Shoigu membantah bahwa langkah ini diakibatkan karena banyaknya prajurit Rusia yang gugur selama pertempuran dengan Ukraina. 

"Rusia kehilangan sekitar 6.000 tentara, sementara 90% dari mereka yang terluka telah sembuh dan kembali menjadi tentara."kata Shoigu. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut