get app
inews
Aa Read Next : Sempat Raib Pasca Kudeta Gagal, Bos Wagner Grup Bikin Pernyataan Kontroversial

Rusia Tangkap Jenderal Sergey, Disebut-sebut Dalang Kudeta

Kamis, 29 Juni 2023 | 20:04 WIB
header img
Jenderal Sergey Surovikin. Foto: tangkapan layar twitter.

MOSKOW, Lintasbabel.iNews.id - Sempat dikabarkan hilang secara misterius, Jenderal Sergei Surovikin ternyata ditahan oleh Rusia. Pihak berwenang Rusia melaporkan wakil komandan operasi militer Rusia di Ukraina ini ditahan, di tengah laporan pembersihan pejabat militer setelah pemberontakan singkat oleh pasukan tentara bayaran Wagner, menurut sumber yang dikutip oleh surat kabar Moscow Times dan militer Rusia blogger.

Jenderal Armageddon itu adalah seorang veteran perang Rusia di Chechnya dan Suriah yang telah menerima penghargaan dan dipromosikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Mengutip dua sumber yang dekat dengan Kementerian Pertahanan Rusia, layanan berbahasa Rusia dari The Moscow Times melaporkan pada Rabu, (28/6/2023) bahwa Surovikin ditangkap karena mendukung pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin selama pemberontakan.

Seorang blogger militer Rusia, Vladimir Romanov, juga melaporkan penangkapan Surovikin pada Rabu, menurut Moscow Times, sementara lembaga think tank Institute for the Study of War (ISW) yang berbasis di Washington, DC melaporkan sumber Rusia lainnya yang mengklaim bahwa “afiliasi” militer Surovikin telah "dituduh terlibat dalam pemberontakan".

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut