get app
inews
Aa
Read Next : Musim Kemarau Panjang, Sumber Air Baku PDAM Tirta Bangka Masih Aman

Siklon Tropis Paddy Berkembang, BMKG: Waspada Banjir dan Gelombang Tinggi

Selasa, 23 November 2021 | 12:24 WIB
header img
Ilustrasi cuaca ekstrem. (Okezone)

JAKARTA, lintasbabel.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) memantau pertumbuhan Bibit Siklon Tropis 90S, di sekitar Samudra Hindia bagian tenggara sejak tanggal 17 November 2021. Bibit Siklon Tropis 90S itu, kini telah berkembang menjadi Siklon Tropis Paddy di sekitar Samudra Hindia Selatan Jawa Tengah.

Hal ini berdasarkan analisis terbaru tanggal 22 November 2021 pukul 16.00 WIB. 

“Tepatnya di posisi 13.3 LS, 108.0 BT. Kecepatan angin maksimum di sekitar pusat Siklon Tropis Paddy mencapai 40 knot (75 km/jam) dengan tekanan udara minimum di sekitar pusatnya sekitar 997 mb. Siklon Tropis Paddy bergerak dengan kecepatan sekitar 8 km/jam ke arah selatan dan semakin menjauhi wilayah Indonesia,” kata Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dikutip dari siaran persnya, Selasa (23/11/2021).

Siklon Tropis Paddy membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang, dari Lampung hingga Jawa Tengah dan di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah. Ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah tersebut.

“Sistem ini juga secara tidak langsung dapat meningkatkan ketinggian gelombang di sekitar wilayah perairan barat Lampung hingga selatan Bali-NTB,” katanya.

Dalam 24 jam kedepan, Siklon Tropis Paddy dapat memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di Indonesia. Diantaranya adalah hujan sedang-lebat di wilayah Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan NTB.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut