get app
inews
Aa Read Next : Presiden Ukraina Minta Warganya Siap Siaga, Ada Apa?

Mikhail Gorbachev Meninggal karena Syok dengan Perang Rusia-Ukraina

Jum'at, 02 September 2022 | 19:45 WIB
header img
Mikhail Gorbachev meninggal di usia 91 tahun (Foto: AP)

MOSKOW, lintasbabel.id - Pemimpin terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev meninggal dunia pada Selasa lalu. Dia meninggal karena syok dengan perang Rusia-Ukraina. 

Beberapa bulan sebelum meninggal, Gorbachev sempat mengungkapkan keterkejutan dan rasa bingung mengapa Rusia menyerang Ukraina. Psikologinya hancur dengan invasi Rusia ke Ukraina.

Hal tersebut disampaikan penerjemah Gorbachev, Pavel Palazhchenko. Dalam percakapan keduanya beberapa pekan lalu, Gorbachev mengungkapkan kepada Palazhchenko betapa traumanya dia melihat kejadian-kejadian di Ukraina.

“Bukan hanya operasi (militer khusus) yang dimulai pada 24 Februari, tapi seluruh evolusi hubungan antara Rusia dan Ukraina selama beberapa tahun terakhir benar-benar merupakan pukulan besar baginya. Itu benar-benar menghancurkannya secara emosional dan psikologis," jelas pria yang sudah bekerja untuk Gorbachev selama 37 tahun itu, kepada Reuters, dikutip Jumat (2/9/2022).

“Sangat jelas dalam percakapan kami dengannya, dia terkejut dan bingung dengan apa yang terjadi (setelah pasukan Rusia memasuki Ukraina pada Februari) karena berbagai alasan. Dia tidak hanya percaya pada kedekatan rakyat Rusia dan Ukraina, dia percaya bahwa kedua negara itu berbaur," ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut