get app
inews
Aa Read Next : Jadi Navigasi Perubahan, PB PMII yakin Akbar Ketua Terpilih PMII Pangkalpinang Bisa Melaksanakannya

Gebyar Pendidikan se-Sumbangsel PMII dan SPAN Pangkalpinang Tampilkan Dambus

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 23:34 WIB
header img
Gebyar Pendidikan se-Sumbangsel, bertajuk Babel Milenial Festival 2022 SPAN Pangkalpinang berkolaborasi dengan PMII Kota Pangkalpinang menampilkan Dambus. (Foto: lintasbabel.id/ Irwan Setiawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Gebyar Pendidikan se-Sumbangsel, bertajuk Babel Milenial Festival 2022 SPAN Pangkalpinang berkolaborasi dengan PMII Kota Pangkalpinang menampilkan Dambus, alat musik khas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) di Bukit Dealova Kota Pangkalpinang , Jumat (26/08/2022) malam. Penampilan ini dilakukan untuk memperkenalkan Dambus di kalangan anak muda.

Ketua Cabang PMII Kota Pangkalpinang, Suardian Ramadhan mengatakan, festival ini merupakan momen yang tepat untuk memperkenalkan musik khas Babel kepada generasi milenial. 

"Ini kesempatan kami memeperkenalkan alat musik khas Bangka Belitung di kalangan anak muda," kata Suardian. 

Ia menilai, alat musik Dambus harus dibumikan di kalangan anak muda sehingga mereka akrab dengan Dambus dan bisa terus lestari. 

"Dambus agar dibumikan kembali di kalangan anak muda dan harus kita lestarikan, sehinggaa memicu lebih giat kembali kegiatan kesenian Dambus  ini di kalangan masyarakat, tidak hanya di dunia pendidikan tapi juga masyarakat umum," ujarnya.

Diketahui Dambus merupakan alat musik asli Bangka yang terbuat dari kayu yang mempresentasikan bentuk Rusa atau Kijang.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut