get app
inews
Aa Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

5 Makanan Khas Bangka Belitung, Nomor 2 Bertebaran di Kota-Kota Besar Indonesia

Sabtu, 12 Juni 2021 | 21:16 WIB
header img
Lempah Kuning menjadi salah satu makanan khas Bangka Belitung yang terkenal lezat. (Foto: iNews.id/IG Kimnio).

PANGKALPINANG, iNews.id - Makanan khas Bangka Belitung sangat beragam. Selain martabak yang tersohor, ada pula lempah kuning yang sangat menggugah selera.

Makanan khas Bangka Belitung terkenal akan kelezatannya. Tak mengherankan muncul ungkapan ‘belum lengkap datang ke Bangka Belitung jika tak mencicipi masakan lokalnya’.

Bagi Anda yang sedang atau ingin liburan ke Bangka Belitung untuk menikmati keindahan alamnya, jangan lupa juga menjelajahi kulinernya. Sebut saja misalnya fu yung hai Bangka.

Fu yung hai terbuat dari telur yang diisi dengan sayuran, daging atau seafood. Makanan ini kemudian dicampur dengan kacang polong dan disiram dengan kuah yang terbuat dari saus tomat. Makanan khas Tionghoa ini menjadi menu yang wajib dicicipi.

Berikut 5 makanan khas Bangka Belitung lainnya:

1. Mi Bangka
Makanan khas Bangka Belitung di urutan pertama adalah Mi Bangka. Makanan yang satu ini sangat populer dan lezat hingga banyak ditemui di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan sekitarnya. 

Sesuai namanya, Mi Bangka atau Bakmi Bangka adalah mi yang disajikan bersama potongan ayam kecap atau babi cincang, atau bisa pula bakso ikan, seafood seperti ikan, kepiting, dan lainnya. Kemudian ditambahkan tahu kok atau baso tahu asli Bangka, pangsit, taoge dan sayur caisim.

2. Martabak Bangka
Siapapun pasti tahu martabak, dan mungkin juga Anda adalah penggemar martabak Bangka yang bercita rasa khas dan mantap. Sama halnya dengan Mi Bangka, Martabak Bangka juga sangat populer dan mudah dijumpai di kota-kota besar Indonesia.


Martabak Bangka menjadi salah satu kuliner wajib jika datang ke Bangka Belitung. (Foto: iNews.id).

Pada dasarnya, makanan khas ini adalah martabak manis yang dibuat dari adonan tepung terigu dan mentega. Kemudian, martabak yang sudah mengembang, ditambahkan topping manis seperti cokelat meises, kacang tanah, keju, susu kental manis, dan wijen.

3. Belacan Belitung
Berikutnya belacan Belitung. Makanan khas Bangka Belitung ini sering dijadikan buah tangan atau oleh-oleh para wisatawan. Sebab, belacan Belitung adalah bumbu yang berasal dari udang rebon segar. Hasil tangkapan nelayan tersebut difermentasi seperti bumbu terasi asal Cirebon. 

Editor : Zen Teguh

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut