get app
inews
Aa Read Next : Prajurit Terlibat Politik Praktis, Dandim 0431 Bangka Barat Ingatkan Ada Sanksi Tegas

Daftar Jendral Bintang 3 TNI AD yang Berpeluang Jadi KSAD

Senin, 08 November 2021 | 08:40 WIB
header img
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin sertijab 7 pejabat utama di Mabesad, Kamis (1/4/2021). (Foto: Dispenad)

JAKARTA, lintasbabel.id - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memasuki masa pensiun bulan November 2021. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa diusulkan sebagai penggantinya.

Andika pun sudah menyelesaikan uji kelayakan atau fit and proper test di Komisi I DPR. Mantan Danpaspamres ini akan disahkan sebagai Panglima TNI dalam rapat paripurna usai disetujui Komisi I DPR.

Lalu siapa pengganti Andika sebagai KSAD?

Pengamat Militer Universitas Paramadina Anton Aliabbas mengungkapkan, soal pergantian sosok KSAD, siapapun Jenderal TNI AD bintang tiga memiliki kesempatan yang sama untuk menempati posisi tersebut. 

"Kalau soal KSAD, semua perwira bintang 3 di TNI AD punya kans sama untuk jadi KSAD," kata Anton saat dikonfirmasi, Jakarta, Minggu (7/11/2021).

Anton tak bisa berbicara panjang mengenai posisi KSAD tersebut. Yang pasti, kata Anton, nantinya Wanjakti TNI AD akan mengusulkan sejumlah nama ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan jabatan KSAD.

"Nanti Wanjakti akan mengusulkan kepada Presiden dan Presiden akan memutuskan," ujar Anton. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus menyebutkan siapapun calon KSAD yang terpilih harus dilihat orientasi dan apakah sudah dipersiapkan oleh Panglima TNI.

"Kalau disiapkan ya, harus cari yang muda, kan gitu kira-kira. Nah sekarang yang muda siapa, lihat saja bintang 3, yang paling muda Pak Eko, Kasum. Kira-kira kalau gak salah dia sampai 2025. Tapi apakah dia yang terjaring, saya nggak tahu, itu masalah internalnya Mabes TNI nanti ya," kata dia di kompleks parlemen, Sabtu (6/11/2021).

Berikut Jenderal bintang tiga berpeluang menjadi KSAD:

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut