get app
inews
Aa Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

PDRB Triwulan II Babel Meningkat Pesat, Pelonggaran Syarat Perjalanan Jadi Salah Satu Indikator

Senin, 08 Agustus 2022 | 12:05 WIB
header img
Pada Triwulan ke-II tahun 2022, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengalami peningkatan cukup pesat. (Foto: istimewa)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Pada Triwulan ke-II tahun 2022, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengalami peningkatan cukup pesat. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Babel, didapatkan PDRB yang merupakan indikator penentu untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu daerah dalam suatu periode tertentu, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan, meningkat pesat yakni 5,21% (yoy) dibandingkan triwulan sebelumnya yakni 3,30% (yoy).

Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel, Toto Harianto Silitonga menyampaikan, bahwa hal ini terjadi seiring dengan adanya pelonggaran perjalanan keluar daerah sehingga meningkatkan mobilitas masyarakat.

"Hal ini terjadi seiring dengan adanya cuti bersama dan mudik lebaran pada bulan April - Mei kemarin, ditengah pelonggaran syarat perjalan luar daerah, sehingga mobilitas masyarakat meningkat," ujarnya Senin (8/8/2022) di Pangkalpinang.

Ia juga menambahkan, pertumbuhan ekonomi Babel pada triwulan ini juga didorong oleh pertumbuhan kinerja ekspor luar negri dan juga konsumsi rumah tangga.

"Komponen ekspor luar negri tumbuh sebesar 26,75% (yoy) meningkat dari sebelumnya yakni 0,62% ( yoy). Hal ini didorong oleh tingginya permintaan komoditas timah dan juga lada," tambahnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut