get app
inews
Aa Read Next : Tipu Polisi Modus Arisan, Mama Muda Asal Bengkulu Ditangkap di Pangkalpinang

Biodata dan Profil Lengkap Joko Anwar, Sutradara Sang Pengabdi Setan yang Lagi Tayang di Bioskop

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 16:39 WIB
header img
Joko Anwar, aktor, penulis skenario, sutradara sekaligus kritikus film yang telah menghasilkan karya-karya terbaik untuk industri perfilman Indonesia. (Foto: instagram/@jokoanwar)

Pada 2015, film Joko berikutnya merupakan sebuah drama thriller A Copy of My Mind yang sempat diikutsertakan dalam Venice Film Festival dan Toronto International Film Festival, hingga kemudian mengikuti Festival Film Indonesia 2015 dan diputar secara resmi di bioskop Indonesia pada Februari 2016. 

Dalam ajang FFI 2015, film ini meraih 7 nominasi (termasuk untuk Film Terbaik) dan akhirnya memenangkan 3 Piala Citra, termasuk menobatkan Joko sebagai Sutradara Terbaik festival tahun itu.

Pada 2017, Joko membuat ulang sebuah film horor Pengabdi Setan yang aslinya dibuat pada 1980. Oleh para kritikus film ini sempat disebut-sebut sebagai "barometer atau standar baru bagi film horor Indonesia", dan menjadi film Indonesia terlaris pada tahun itu. 

Dalam ajang Festival Film Indonesia 2017 film ini meraih 13 nominasi dan berhasil memenangkan 7 diantaranya, namun gagal dalam kategori Sutradara Terbaik maupun Film Terbaik.

 

 
Pada 2019, Joko menghasilkan sebuah film pahlawan super Gundala yang didasarkan pada cerita karakter pahlawan super Indonesia tahun 1969 Gundala karya Hasmi (Harya Suraminata). Film ini juga mencetak box office di tahun itu dan turut berlaga dalam ajang Festival Film Indonesia 2019.

Di tahun yang sama, 2019, Joko kemudian merilis Film Perempuan Tanah Jahanam, yang kian melambungkan namanya di jagat perfilman. Film ini menuai banyak pujian dunia perfilman Tanah Air dan Internasional.

Selain terkenal dengan karyanya, Joko pernah menghebohkan para pengguna twitter dengan aksi nekatnya tampil bugil di Circle K wilayah Bintaro. Dia menuliskan sebuah tweet, jika followernya mencapai angka 3.000 dia akan bugil di minimarket. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut