get app
inews
Aa Read Next : Tipu Polisi Modus Arisan, Mama Muda Asal Bengkulu Ditangkap di Pangkalpinang

Biodata dan Profil Lengkap Joko Anwar, Sutradara Sang Pengabdi Setan yang Lagi Tayang di Bioskop

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 16:39 WIB
header img
Joko Anwar, aktor, penulis skenario, sutradara sekaligus kritikus film yang telah menghasilkan karya-karya terbaik untuk industri perfilman Indonesia. (Foto: instagram/@jokoanwar)

Joko tumbuh besar dengan menonton film-film kung fu dan horror. Dia begitu akrab dan menyukai film. Kecintaannya terhadap film sudah tampak sejak duduk di Sekolah Menengah Pertama. Dia juga telah menulis dan menyutradarai pertunjukan drama. Meski demikian bakat Joko tidak mendapat sambutan dan selaras dengan pendidikan formalnya.

Pada 2007 dia menjadi sutradara dan penulis film "Kala", sebuah allegori politis tentang Indonesia. "Kala" yang mengukuhkan posisi Joko di perpetaan film dunia berhasil memberikan Joko beberapa penghargaan, antara lain Best Film di Berlin Asia Hotshot Film Festival, dan Jury Prize di New York Asian Film Festival. 

Selain diputar di lebih dari 30 festival termasuk di London, Brussels, dan Vancouver, "Kala" juga ditasbihkan sebagai salah satu film terbaik dunia tahun 2007 oleh majalah film terbesar dan bergengsi Sight & Sound Magazine, Inggris, yang juga menyebutnya sebagai salah satu filmmaker tercerdas di Asia.

Selain menulis skenario untuk disutradarainya sendiri, Joko Anwar juga menulis skenario untuk sutradara lain, termasuk film komedi Quickie Express (Dimas Djayadiningrat), yang memenangkan "Best Film" di Jakarta International Film Festival pada tahun 2008, dan Jakarta Undercover (Lance). Dua film tersebut juga sukses secara komersial. 

Joko juga menulis skenario film fiksi. (Mouly Surya) yang mendapat pujian dari para kritikus internasional dan memenangkan banyak penghargaan, antara lain "Film Terbaik" dan "Skenario Terbaik" dalam Festival Film Indonesia 2008.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut