get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Naziarto Ingatkan PNS Harus Melek Teknologi, Tidak Gagap IT

Kamis, 14 Juli 2022 | 12:08 WIB
header img
Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto. (Foto: lintasbabel.id/ Irwan Setiawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Naziarto mengingatkan PNS di Babel melek teknologi, tidak gagap information technology (IT).

Naziarto menilai saat ini perkembangan teknologi semangkin pesat, apalagi di era 4.0 jadi  Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diharapkan bisa meningkatkan potensi diri 

"IT terus berkembang, bukan lagi melihat limit waktu bulan dan hari, tapi sudah jam dan detik. Jadi mereka harus memacu diri mereka menguasai Informasi dan Teknologi tersebut," kata Naziarto. 

Pihaknya dari Pemprov Babel, kata Naziarto, siap mendukung pengembangan potensi diri para PNS, agar mereka beradaptasi dengan Informasi dan Teknologi tersebut. 

"Kami dari Pemprov secara kelembagaan akan mendukung hal itu. Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kami akan mencoba bagaimana OPD harus meninggalkan zona nyaman. Selama ini dengan secara manual mereka harus beralih IT elektronik," tegasnya. 

Menurut dia, sumber daya manusia (SDM) di Babel ini mumpuni di bidang Informasi dan Teknologi ini, hal itu dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang diterima oleh masing-masing OPD. 

"Bukti selama ini yang kami lakukan, kami tidak mau ketinggalan sama provinsi lain dan kamu sering mendapat peringkat-peringkat award di kancah nasional. Ini menunjukkan bahwa PNS kami bisa berkiprah di tingkat nasional," ujar mantan Pejabat Kemensos RI ini. 

Dia menambahkan, dalam hal ini Pemprov Babel akan meningkatkan pelatihan-pelatihan, melalui satu pintu untuk pendidikan dan pelatihan di Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Provinsi Babel. 

"Makanya semua pelatihan yang dilakukan kami pusatkan disini, kemudian dalam meningkatkan pendidikan intelektualitas dan karakter diri daripada aparatur negara," jelasnya.

"Contohnya kami lakukan latsar hari ini , inikan dalam rangka melatih dan mendidik para CPNS agar mereka betul-betul menjadi abdi negara, abdi masyarakat yang tangguh ke depan. Mereka bisa profesional dalam bekerja, mereka proposal dalam melaksanakan pekerjaan, mereka perfeksionis dalam hasil pekerjaan dilakukan sesuai tupoksi di OPD masing-masing, ini menunjukkan tempaan dasar CPNS menjadi PNS," pungkasnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut