get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Ribuan Warga Ikuti Tradisi Ziarah Kute Seribu, Ada yang Datang dari Luar Pulau Bangka

Rabu, 13 Juli 2022 | 16:37 WIB
header img
Masyarakat Muntok Kabupaten Bangka Barat mengikuti tradisi Ziarah Kute Seribu. (Foto: lintasbabel.id/ Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Ribuan warga Muntok menggelar tradisi Ziarah Kute Seribu di Tempat Permakaman Keramat, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rabu (13/7/2022). 

Ziarah Kute Seribu yang dikenal dengan nama Haul ini merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengenang dan mendoakan para pemimpin terdahulu Muntok di makam tersebut. 

Adapun makam yang diziarahi oleh peziarah kali ini diantaranya makam Habib Hamid Bin Abdurahman Assegaf, Habib Hud Bin Muhammad Assegaf dan Habib Syatho.

Rangkaian tradisi Ziarah Kute Seribu dimulai dengan pembacaan Burdah dan Qasidah. Kemudian diadakan acara arak-arakan dari Surau Tanjung ke tempat pemakaman Keramat, lalu diakhiri dengan Tahlilan, Tausyiah dan makan bersama di Masjid Jami Muntok. 

"Ini Ziarah Kute Seribu yang diadakan sudah ke-15, undangan ada yang dari Bangka dan luar Bangka. Kegiatan ini untuk mendoakan sesepuh, kyai kita," kata Ketua Panitia Ziarah Kute Seribu, Saleh Al-Kaff. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut