get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Stok Terbatas, Harga Hewan Kambing di Bangka Barat Jelang Idul Adha Alami Kenaikan

Selasa, 05 Juli 2022 | 20:21 WIB
header img
Sejumlah hewan kambing yang dijual di Kawasan Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. (Foto: lintasbabel.id/ Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - H-4 menjelang hari raya Idul Adha 1443 Hijiriah, sejumlah hewan kurban kambing sudah mulai dijual di Kawasan Jalan Jendral Sudirman, Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Untuk harga satu ekor kambing, saat ini berkisar antara Rp3,5  hingga Rp5,5 juta. Padahal sebelumnya, hanya berkisar antara Rp2,5 hingga Rp4,5 juta.

Menurut Yang Monalisa, salah satu penjual kambing di Muntok, mahalnya harga kambing ini dikarenakan minimnya pengiriman stok hewan kurban dari luar Pulau Bangka. Diketahui karena pembatasan yang diberlakukan pemerintah seiring merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Kalau tahun-tahun sebelumnya bisa 100 lebih ekor masuk, untuk tahun ini hanya ada puluhan. Untuk.penjualannya memang menurun, tapi menurunnya itu bukan karena harga, karena hewannya yang tidak ada tidak bisa masuk, karena PMK ini jadi sulit masuk," kata Yang Monalisa, Selasa (5/7/2022). 

Yang Monalisa mengaku permintaan masyarakat terhadap hewan kambing tetap meningkat kendati ditengah-tengah isu penyakit mulut dan kuku (PMK). 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut