get app
inews
Aa Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

Puluhan UMKM di Babel Dibekali Pelatihan Ekspor

Senin, 04 Juli 2022 | 19:42 WIB
header img
Kepala Disperindag Babel, Tarmin. (Foto: lintasbabel.id/ Irwan Setiawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.ir - Puluhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bangka Belitung mengikuti pelatihan prosedur ekspor di Pangkalpinang, Senin (4/7/2022). 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Babel, Tarmin mengatakan, pemerintah terus mendorong agar UMKM di Babel bisa melakukan hasil produksinya ke manca negara atau ekspor. 

Untuk itu, kata Tarmin, banyak program pelatihan-pelatihan diadakan, supaya para pelaku UMKM bisa sampai pencapaiannya ke ekspor produk mereka. 

"Tentu mereka secara sumber daya manusia (SDM) harus dilakukan pembinaan dan pelatihan. Dan juga hasil produksinya harus dilakukan kurasi atau penilaian apakah produk mereka memungkinkan di jual ke luar negeri," kata Tarmin usai membuka acara itu di Fox Haris Hotel Pangkalpinang. 

Pentingnya kurasi itu, lanjut dia, karena pembeli dari luar negeri menetapkan standar yang tinggi terhadap hasil produksi suatu UMKM. 

"Yang pertama kita berharap dari SDM nya dulu, kalo mereka sudah ada tekad, suatu saat mereka bisa menjual produk ke luar negeri, tentu mereka akan berbuat yang maksimal mengatasi rintangan dan berkoordinasi dengan semua pihak supaya mereka bisa ekspor. Kita mendorong mereka supaya mereka punya motivasi bisa ekspor," jelasnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut