get app
inews
Aa Read Next : Berpotensi Rusak Jalan Bencah-Tepus, Tambang Timah Liar Akhirnya Ditertibkan Polisi

Polda Babel Tegas Tindak Anggota Bekingi Tambang Ilegal

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:11 WIB
header img
Kapolda Babel Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya. (Foto : lintasbabel.id/ Irwan Setiawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya,  ingatkan anggotanya tidak terlibat membekingi tambang ilegal. Sebab apabila kedapatan akan langsung ditindak tegas.

"Saya komitmen jangan ada aparat oknum aparat khususnya kepolisian melakukan beking atau ikut menambang. Saya pasti tindak tegas, sudah beberapa contoh kami lakukan, karena ada upaya persuasif ingatkan, masih berbuat kami tindak tegas," kata Kapolda, Selasa (21/6/2022).

Penindakatan merupakan bagian dari komitmen dan mendukung pemerintah daerah mengatasi tambang ilegal yang masih terjadi Babel. 

"Komitmen untuk semua anggota, bukan hanya kapolres, saya tidak akan ragu-ragu," ujarnya.

Tetapi, menurutnya untuk melaksanakan komitmen tersebut tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri, harus dilakukan secara bersama dengan stakeholder terkait. 

"Oknum kami beres, tetapi masyarakat lain tidak beras. Kadang kucing - kucingan ada informasi, sudah bersih. Tetapi begitu pulang, dua hari muncul lagi, itu memang harus kepedulian masyarakat di sekitar lokasi. Ketika ada informasi akan kami tindak," ucapnya. 

Terkait telah dibentuknya satgas tambang ilegal di Bangka Belitung, Kapolda mengapresiasi langkah atau kebijakan yang telah dilakukan oleh Pj Gubernur Bangka Belitung tersebut.

"Satgas ini dibentuk saya apresiasi, tetap ada di pemerintah nanti pengendaliannya. Bagaimana kerja dan strukturnya akan dibicarakan lebih lanjut," kata Kapolda Babel, di sela kegiatan FGD Konsepsi Tata Kelola Penambangan Timah di Mapolda Babel. 

Dikatakannya, dalam kesepakatan rapat bersama dengan Pj Gubernur Babel dan pelaku usaha pertambangan, baru menghasilkan nama Thamron alias Aon, ditunjuk sebagai ketua satgas. 

"Tetapi ini kesepakatan kami dalam rapat beliau melibatkan pelaku usaha sebagai penggerak, menunjuk Aon sebagai ketuanya," katanya. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut