Logo Network
Network

Program Kartu Prakerja Kembali Dilanjutkan Tahun Depan

Muri Setiawan
.
Senin, 11 Oktober 2021 | 21:10 WIB
Program Kartu Prakerja Kembali Dilanjutkan Tahun Depan
Ilustrasi Kartu Prakerja.

JAKARTA, lintasbabel.id - Pemerintah akan melanjutkan Program Kartu Prakerja, pada tahun 2022. Hal ini sesuai dengan keputusan Komite Cipta Kerja yang dipimpin oleh Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan selaku anggota Komite Cipta Kerja serta Pengguna Anggaran Bendahara Umum Negara (PA BUN) dimana anggaran Program Kartu Prakerja berada.

"Hal ini telah dituangkan dalam Nota Keuangan/RAPBN 2022," ujar Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari dalam konferensi pers Virtual, Senin (11/10/2021).

Denni mengatakan, program prakerja ini, bisa membantu fresh graduate yang hendak mencari pekerjaan.

"Jadi prakerja, tujuannya sesuai dengan peraturan presiden itu memang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi kerja bagi semua orang, baik itu korban PHK, maupun pencari kerja baru," katanya.

Denni menambahkan, alasan program prakerja dilanjutkan, adalah adanya statistik BPS yang menunjukan 90% angkatan kerja di Indonesia, belum pernah mendapatkan pelatihan.

"Jadi ini prakerja membantu memberikan akses pelatihan supaya seseorang mempunyai experience tentang pelatihan itu dan memilih sendiri sesuai dengan minat dan bakat masing-masing," tuturnya.

Lanjut Denni, ketika prakerja dimulai pada tahun 2020, jumlah penerima program tersebut mencapai 5,6 juta orang, sedangkan pada tahun 2021 ini sebanyak 5,8 juta penerima.

"Sehingga total dalam kurun waktu 1,5 tahun, prakerja telah membantu 11,4 juta orang angkatan kerja untuk mengakses pelatihan yang bisa dipilih sendiri," katanya.

Hingga hari ini, tercatat sudah ada lembaga pelatihan sebanyak 173 yang tergabung dalam ekosistem yang menawarkan lebih dari 400 jenis pelatihan.

"PMO atau manajamen pelaksana tidak mengarahkan peserta untuk memilih perhatian tertentu, yang perlu dicatat adalah lembaga yang berkolaborasi dengan ekosistem prakerja ini adalah lembaga-lembaga yang memiliki reputasi," ujarnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Bagikan Artikel Ini