get app
inews
Aa Read Next : SE Satgas Covid-19 Bebaskan PCR dan Antigen Bagi Pelaku Perjalanan, Begini Ketentuannya

Peserta CPNS Bangka Tengah Padati Faskes untuk Dapatkan Swab Antigen Gratis

Senin, 11 Oktober 2021 | 18:30 WIB
header img
Swab antigen yang di lakukan oleh peserta SKD CPNS Bangka Tengah di Puskesmas Koba. (Foto : lintasbabel.id / Rachmat Kurniawan).

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) wajib menjalani swab antigen ataupun swab PCR, belum mengikuti tes di Bangka Tengah. Akibatnya, sejumlah Fasilitias Kesehatan (Faskes) yang ada di daerah tersebut ramai, bahkan para calon peserta rela ngantri untuk dapat swab gratis itu.

Di Puskesmas Koba misalnya, sejak pukul 09.00 WIB, mereka sudah menerima layanan swab antigen bagi peserta calon CPNS, sehingga para peserta cukup ramai ngantri di sana. 

Indah satu di antara peserta CPNS yang ikut mendaftar mengaku senang dengan adanya layanan swab antigen gratis yang diberikan oleh Pemkab Bangka Tengah.

"Alhamdulah saya sangat berterimakasih karena sudah difasilitasi Pemda Bateng, tentunya ini sangat membatu kami yang ingin mengikuti tes CPNS ini," ujar Indah usai melaksanakan swab antigen di Puskesmas Koba, Senin (11/10/2021).

Ia menilai, proses pelaksanaan swab antigen yang dilakukan cukup teratur dan tidak dipersulit serta sangat memperhatikan protokol kesehatan. 

"Alhamdulillah dari segi proses pelaksanaan swab ini, pihak puskesmas sendiri tidak mempersulit, berdasarkam siapa yang dulu datang," katanya.

Dirinya yang besok akan melaksanakan tes CPNS ini pun sudah mulai melakukan persiapan, baik registrasi ataupun pembelajaran.

Sementara itu, dokter umum yang juga sekaligus konsultan pasien positif Covid-19 Puskesmas Koba Tomi Fernando mengatakan, dalam pelaksanaan swab antigen bagi para CPNS ini, pihaknya memang sudah bekerjasama dengan pemerintah daerah, dimana para peserta yang melaksanakan swab antigen ini sudah dijadwalkan langsung oleh pihak yang bersangkutan.

"Jadi memang dalam tes CPNS ini Pemda Bangka Tengah telah menyiapkan cip antigennya yang difasilitasi langsung dari Dinas Kesehatan, dan untuk menghindari kerumunan, para peserta yang ingin tes ini juga sudah disesuaikan sesuai jadwal oleh pihak penyelenggara," ucap dr Tomi.

Bagi peserta yang akan melaksanakan tes swab antigen harus membawa barang bukti berupa identitas diri (KTP) dan kartu peserta tes CPNS.

Ia menuturkan, selama pelaksanaan tes swab antigen berlangsung pihaknya belum menemukan peserta yang terkonfirmasi positif covid-19.

"Jadi peserta yang tes ini harus menunjukan bukti identitas dan bukti tes. Dan setelah mereka tes kami akan menerbitkan suratnya sesuai hasil tes. Selama tes swab bagi CPNS ini berlangsung belum ada yang positif, apabila ada yang positif maka akan ditindak lanjuti," ucapnya.

Ia pun mengimbau, kepada para peserta yang ingin melakukan swab antigen untuk menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Untuk prokes sendiri kami memang menerapkan dengan ketat, seperti mewajibkan mengunakan masker, cuci tangan, dan lainnya," ujarnya.

 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut