get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Menuju Indonesia Emas 2045, Siapkah Indonesia Menjadi Generasi Emas?

Sabtu, 18 Juni 2022 | 18:27 WIB
header img
Ilustrasi Indonesia Emas 2045

Dan salah satu yang berpengaruh penting dalam menuju Indonesia emas 2045 adalah Tenaga Pengajar Guru-guru pendidikan, dan para dosen yang berperan penting dalam memberikan Pendidikan baik pendidikan umum serta karakter generasi muda. Sayangnya, gaji pengajar honorer, bahan ajar, dan kompetensi pengajar belum tersentuh perbaikan.

Bagaimana bisa menjadi Indonesia maju jika hanya fokus pada sistem dan infrastruktur, sedangkan manusianya cenderung terabaikan? Indonesia akan maju jika tidak hanya kompetensi tenaga pengajar yang ditingkatkan, tetapi juga para pejabat dari tingkat lurah, camat, bupati, wali kota, gubernur, menteri, hingga presiden. Kemudian semua harus dipilih yang visioner, jujur, mumpuni, dan berkarakter. Jika tidak dirubah dari sekarang, jangan menyesal jika tahun 2045 nanti, cita-cita ”Indonesia Emas” tetap sekadar slogan yang tak mewujud.

Namun demikian untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas adalah dasar untuk meningkatkan kehidupan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan. Kemajuan besar telah dibuat terhadap peningkatan akses pendidikan di semua tingkatan dan meningkatkan angka partisipasi di sekolah terutama bagi perempuan.

Keterampilan keaksaraan dasar telah meningkat pesat, dunia telah mencapai kesetaraan dalam pendidikan dasar antara anak perempuan dan anak laki-laki, namun beberapa negara telah mencapai target di semua tingkat pendidikan. Anak-anak indonesia kedepannya dapat menjadi SDM unggul yang akan memimpin bangsa ini.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut