Pengabdian Jurusan Hukum UBB Sosialisasikan Perlindungan Ikan Endemik Desa Tugang

Jurnalis Warga
Kegiatan pengabdian Jurusan Hukum UBB di Desa Tugang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat. Foto: istimewa.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Jurusan Hukum Fakults Hukum Universitas Bangka Belitung (UBB) mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat Tingkat Jurusan (PMTJ) kepada masyarakat di Desa Tugang, Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), pada Kamis (8/8/2024). Kegiatan kali ini mengangkat tema Peningkatan Pengetahuan Hukum Masyarakat Pelaku Budidaya Ikan Endemik yang Menjadi Ikon Desa Tugang.

Kegiatan pengabdian merupakan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk dapat masyarakat memahami pengaturan ikan endemik yang hidup dalam ekosistem wilayah pemerintahan Desa Tugang, Kabupaten Bangka Barat. Di sini terdapat ikan endemik desa mereka bernama latin Betta burdigala dan Betta Schalleridalam kegiatan tersebut masyarakat menyebut ikan tempalak brio atau tempalak merah

Kegiatan diawali oleh sambutan dari Kepala Desa Tugang, Harionto dan dihadiri oleh Tim PMTJ FH UBB yaitu, Ave Agave Christina Situmorang, S.H., M.H (sebagai Ketua Tim), Winanda Kusuma, S.H., M.H, Bunga Permatasari, S.H., M.H, sebagai anggota tim pengabdian masyarakat.

Kepala Desa Tugang menyampaikan jenis ikan endemik diwilayah desa baru mereka ketahui.

“Ikan endemik ini tentu pemerintahan desa berkomitmen untuk dapat menjaga ekosistem dan jenis ikan tersebut. Proses awal dalam perlindungan ikan endemik tersebut akan mereka teruskan kepada perangkat desa terkecil untuk dapat masyarakat ketahui. Dalam kehidupan masyarakat Desa Tugang juga akan disesuaikan untuk menjadi kebiasaan yang melindungi ikan endemik desa mereka,” kata Kades Harionto.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network