Kapan Tahun Baru Islam 1446 H? Ini Tradisi dan Perayaannya

Muri Setiawan/ Net Lintasbabel.iNews.id
Tahun baru Islam dimulai ketika Nabi Muhammad SAW hijrah. Foto: Ilustrasi/ Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Tahun Baru Islam, juga dikenal sebagai Hijriyah atau Muharram, menandai dimulainya kalender Hijriyah yang digunakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Kalender Hijriyah adalah kalender lunar yang terdiri dari 12 bulan dalam setahun dengan total 354 atau 355 hari. 

Tahun Baru Islam dimulai pada bulan Muharram, bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Tahun ini, umat Islam akan menyambut Tahun Baru Islam 1446 H.

 

Kapan Tahun Baru Islam 1446 H?

Tahun Baru Islam 1446 H akan jatuh pada hari Jumat, 8 Juli 2024. Tanggal ini dihitung berdasarkan pengamatan bulan baru (hilal) yang menandai dimulainya bulan Muharram. Karena kalender Hijriyah adalah kalender lunar, tanggal tepatnya dapat sedikit berbeda tergantung pada lokasi geografis dan metode pengamatan bulan yang digunakan.

Tahun Baru Islam memperingati hijrah (migrasi) Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah pada tahun 622 M. Peristiwa ini bukan hanya sekedar perpindahan fisik, tetapi juga merupakan titik balik penting dalam sejarah Islam, yang menandai awal dari terbentuknya masyarakat Islam pertama di Madinah.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network