Optimizing Household Waste Management in Pangkalpinang, Bangka Belitung: Challenges and Strategies

Jurnalis Warga
Kondisi TPA sampah di Kota Pangkalpinang. Foto: Istimewa.

DALAM berapa tahun terakhir pengelohan sampah di Kota Pangkalpinang sudah mencuri perhatian, dimana kota ini memiliki jumlah penduduk yang semakin meningkat yang membuat produksi sampah semakin banyak. Sehingga diperlukan beberapa langkah yang efektif agar dapat mengelola dan mengurangi timbunan sampah. 

Kota Pangkalpinang, sebagai ibukota Provinsi kepulauan Bangka Belitung yang memiliki luas ± 114,541 km2 dan jumlah penduduk sebesar 232.915 jiwa (Pangkalpinang tahun 2023). Dengan kepadatan penduduk sebesar 2,033 jiwa/km2, Kota Pangkalpinang memiliki permasalahan yang terkait dengan pengelolahan sampah rumah tangga. Sampah yang dihasilkan oleh penduduk Kota Pangkalpinang sekitar ±160 ton per harinya, dengan 63% diantaranya berasal dai rumah tangga. 

Pemerintah Kota Pangkalpinang telah berupaya mengoptimalkan penanganan sampah rumah tangga dengan mengembangkan kebijakan dan strategi yang tepat. Salah satu strategi yang diterapkan adalah meningkatkan kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang dalam pengelolaan persampahan, yang didukung oleh kecamatan dan kelurahan serta satuan tugas kebersihan kelurahan. 



Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network