Nganggung Ciri Khas Bangka Belitung

Jurnalis Warga
Nganggung, salah satu adat masyarakat Bangka Belitung yang masih dilestarikan hingga saat ini. Foto: Istimewa.

Mengapa adat dan tradisi nganggung masih melekat hingga saat ini?

Adat dan tradisi nganggung masih melekat hingga saat ini karena memiliki nilai historis, budaya, dan sosial yang kuat bagi masyarakat yang meneruskannya. Mereka sering kali menjadi bagian integral dari identitas dan keberlanjutan suatu komunitas atau kelompok. Selain itu, adat dan tradisi tersebut juga dapat menjadi sarana untuk memperkokoh hubungan antargenerasi, memelihara solidaritas sosial, dan memperkaya kehidupan spiritual dan emosional masyarakat yang menjalaninya.

Secara keseluruhan, adat nganggung di Kepulauan Bangka Belitung merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat setempat. Selain memperkuat silaturahim dan mempererat ikatan sosial, tradisi ini juga merupakan fondasi kuat dalam memelihara dan menghargai budaya lokal. Dengan menggalang solidaritas dan kebersamaan serta meningkatkan kesejahteraan sosial, acara nganggung menjadi momen yang membawa berkah bagi masyarakat Bangka Belitung. Selain itu, penghormatan terhadap tradisi keagamaan dalam acara nganggung juga menciptakan ruang untuk meningkatkan spiritualitas dan kebersamaan dalam masyarakat.

Dengan demikian, adat nganggung tidak hanya menjadi simbol identitas budaya, tetapi juga menjadi pendorong utama dalam menjaga keharmonisan dan keberagaman di Provinsi Bangka Belitung.

"Ayo tetap Lestarikan budaya yang menjadi cri khas wilayah kita". **) 

Penulis: Zaitun, mahasiswa Prodi Psikologi Islam IAIN SAS Babel

 

Editor : Muri Setiawan

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network