Ingin Tanaman Bonsai Babar Mendunia, KBL Minta Dukungan Pemerintah

Muri Setiawan/ RR
Pameran bonsai KBL Bangka Barat. Foto: Istimewa.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Tanaman bonsai bagi para pecinta tanaman hias merupakan jenis tanaman yang memliki harga yang mahal. Kemudian merawat tanaman jenis ini membutuhkan waktu, tenaga, serta harus membutuhkan kesabaran yang ekstra. 

Maka tidak heran jika tidak banyak orang yang mau dan mampu membudidayakan atau mau terjun untuk menjadi pecinta tanaman ini. 


Pameran bonsai KBL Bangka Barat. Foto: Istimewa.
 

Meski begitu, ada saja kalangan masyarakat yang tertarik untuk menggeluti dunia tanaman bonsai. Salah satunya yang diinisiasi oleh Komunitas Bonsai Lestari yang ada di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Komunitas yang berdiri sejak tahun 2017 ini, secara rutin mengadakan kegiatan pameran setiap tahunnya. Seperti pameran yang dilakukan di kegiatan Smart Fair SMP Santa Maria Mentok pada Selasa (7/5/2024). 

Anggota Komunitas Bonsai Lestari Bangka Barat, Supri mengatakan tujuan dilaksanakannya pameran ini untuk memperkenalkan tanaman endemik dari Kabupaten Bangkalan Barat, lantaran masih banyak tanaman yang belum dikenal oleh khalayak ramai. 

"Tujuan utamanya yakni memperkenalkan potensi tanaman yang ada di hutan sekitar kita ke kancah nasional. Kalau disebut saja ya yang ada di kita contohnya Cucur Atap, Ileng-ileng, Wahong, Iprik, Kayu Idat, Waru dan mungkin masih banyak lagi," kata Supri. 

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network