Mengenal Enkripsi End-to-End di WhatsApp, Agar Data Kamu Tidak Bocor

Raihan Akbar/ Muri Setiawan/ Net Lintasbabel.iNews.id
Mengenal Enkripsi End-to-Endi di WhatsApp, baca ulasannya sampai selesai agar data dan pesan kamu tidak bocor. Foto: Ilustrasi/ Net.

Mengenal Enkripsi End-to-Endi di WhatsApp

Cara kerja end-to-end process adalah dengan mengenkripsi pesan dan mengubah pesan menjadi karakter acak atau chipertext. Selain itu, setiap pengguna memiliki Public Key dan Private Key.

Sebagai ilustrasi sederhana, misalnya ada dua orang yang bernama Akbar dan Agus, suatu ketika Akbar ingin menyapa dan mengirimkan pesan kepada Agus melalui sebuah aplikasi yang memiliki enkripsi end-to-end.

Agus memiliki Public Key dan Private Key, yang merupakan dua kunci enkripsi yang terkait secara matematis. Public Key dapat dibagikan dengan siapa saja, tetapi hanya Agus yang memiliki Private Key, hanya Agus yang memilikinya.

Saat proses pengiriman pesan, Akbar menggunakan public key Agus untuk mengenkripsi pesan yang dikirimkan. Pesan yang dienkripsi lalu diubah menjadi chipertext sehingga sulit dibaca.

Chipertext yang dikirim memiliki keamanan yang tinggi sehingga tidak bisa diakses ataupun dibaca oleh pihak manapun termasuk penyedia aplikasi.

Tujuan pesan ini adalah ke akun Agus dan pesan ini hanya bisa dibaca oleh Agus melalui private key yang dimiliki. Ketika pesan masuk ke kontak masuk maka private key akan membantu untuk membaca atau mendeskripsikan pesan yang dikirim. Proses yang sama akan terjadi kalau Agus ingin membalas pesan dari Akbar.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network