Atasi Banjir Permukiman Masyarakat di Desa Terentang, Ini yang Bakal Dilakukan

Rizki Ramadhani
Banjir yang melanda salah satu daerah di Kabupaten Bangka Barat beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa/dok.

BANGKA BARATl, intasbabel.iNews.id - Bencana banjir kerap melanda permukiman masyarakat di Desa Terentang membuat Pemerintah Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat (Babar) telah membuat sejumlah rencana untuk mengatasi hal tersebut. 

Camat Kelapa, Rismayana menyampaikan pihaknya telah menjalin koordinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Terentang, mengajukan bantuan alat berat untuk mengeruk alur sungai di daerah itu. 

"Kami sudah koordinasi dengan kades untuk menindaklanjuti hal ini. Untuk mengajukan bantuan alat berat untuk menggali tanah yang menjadi penyebab pendangkalan sungai. Dan kades siap menindaklanjutinya," ujar Camat Kelapa, Rismayana, Rabu (20/12/2023). 

Rismayana menambahkan, dengan pengerukan tanah dan pasir yang ada di alur sungai dapat menjawab kasus banjir yang melanda permukiman masyarakat. Sebab, langkah tersebut membuat air yang masuk akan mengalir lancar dan tidak meluap ke permukiman masyarakat. 

"Jadi langkah ini adalah bentuk upaya kita agar kejadian banjir bandang seperti pada Minggu kemarin, melanda tiga rumah masyarakat di dekat sungai tidak terjadi lagi. Memang tidak ada korban jiwa, cuma kasihan warga kita kalau banjir terus terjadi," katanya. 

"Memang saya dapat informasinya dari Pak Kades kalau tiga rumah yang terdampak itu berada di tepi sungai dan dataran rendah. Penyebabnya itu tadi, pendangkalan karena pasir dan tanah terendap, alhamdulillah sekarang banjirnya sudah surut," ucapnya.

Editor : Haryanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network