Mulai Pekan Depan, Ruang Tata Pamer Menumbing Bakal Dibuka untuk Umum

Rizki Ramadhani
Pemandangan Ruang Tata Pamer Menumbing yang terletak di bangunan utama Pesanggrahan Menumbing. (Foto: Istimewa)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Setelah diresmikan oleh Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini pada Minggu (19/12/2021) lalu, Ruang Tata Pamer Menumbing rencananya akan dibuka untuk masyarakat umum mulai Rabu (2/2/2022) mendatang. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Muhammad Ali menyampaikan tujuan dibuatnya Ruang Tata Pamer Menumbing ini, untuk menambah daya tarik wisata Pesanggrahan Menumbing.

"Di Tata Pamer Menumbing ini, pengunjung akan disajikan rangkaian tur sejarah kebangsaan dalam upaya mengenal lebih dekat peran Bung Karno, Bung Hatta, Haji Agus Salim dan sejumlah tokoh bangsa Indonesia lainnya. Ketika dalam masa pengasingannya di Muntok oleh pemerintah Hindia Belanda," kata Muhammad Ali, Sabtu (29/1/2022). 

Tur dibuka setiap hari dengan tiket masuk Rp 20.000 untuk orang dewasa, dan Rp 10.000 untuk anak-anak dan pelajar. Hal ini disesuaikan dengan tarif retribusi sesuai Peraturan Bupati Bangka Barat Nomor 10 Tahun 2022.

"Pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu di resepsionis, mengingat kunjungan tur telah memiliki jadwal dan dibatasi dua puluh orang per jadwal tur. Di dalam ruang tata pamer, pengunjung akan memperoleh informasi yang interaktif dan titik swafoto yang instagramable," tuturnya. 

Muhammad Ali menambahkan, kedepan pihaknya akan melanjutkan kerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi dalam mengembangkan Pesanggrahan Menumbing. 

“Tahun ini, BPCB Jambi akan melakukan kajian pemugaran untuk seluruh cagar budaya yang ada di Menumbing. Rencananya tahun 2023 pemugaran segera dilaksanakan di setiap cagar budaya yang ada,” ujarnya.

Editor : Haryanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network