Puluhan Tukang Diberikan Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi

Rizki Ramadhani
Pelatihan dan Uji Sertifikasi tenaga terampil konstruksi Dinas PUPR Kabupaten Bangka Barat. Foto: Istimewa.

Menurut Thomas, kegiatan seperti ini pertama kali digelar sejak tahun 2017 lalu. Sempat terhenti lantaran pandemi Covid-19 dan dilanjutkan kembali pada tahun 2022 kemarin. Ia mengatakan, saat ini sudah ada ratusan tukang di Babar yang mengantongi sertifikat. 

"Karena sejak 2017 anggap saja ada 50 peserta, jadi sekitar 200 orang yang telah memiliki sertifikat. Kalau peserta hari ini, mereka berasal dari semua desa dan kelurahan dan bersurat ke desa dan kelurahan, kemudian mereka yang mengusulkan data ke kita," katanya.

Dikatakan Thomas, rencananya kegiatan pelatihan dan uji sertifikasi yang didanai dari APBD itu akan digelar secara kontinu setiap tahunnya. Dengan jumlah peserta yang lebih banyak dan untuk para tenaga terampil dari level satu hingga level lima.

"Karena kewenangan kabupaten untuk menggelar kegiatan ini dari level satu sampai level lima atau tamatan SMA dan sederajat. Kalau level enam dan tujuh itu yang menyelenggarakan provinsi karena sudah masuk kategori tenaga ahli," ucapnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network