Ada 2 Juta Pernikahan Setiap Tahun, Indonesia Darurat Penghulu

Muri Setiawan
Menteri Agama, Yaqut C Qoumas. (Foto:Dok iNews.id)

JAKARTA, lintasbabel.id - Kementerian Agama mencatat, setiadknya terdapat 2 juta pernikahan setiap tahunnya di Indonesia. Hal ini berdampak pada pelayanan pernikahan, karena jumlah penghulu yang tidak sebanding.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, mengusulkan adanya penambahan jumlah formasi penghulu. Menurut Yaqut, jumlah penghulu saat ini adalah 8.978 orang. Angka ini dinilai hanya setengah dari kemampuan, untuk melayani pernikahan yang mencapai 2 juta per tahunnya.

"Jumlah penghulu di Indonesia saat ini adalah 8.978 orang, jumlah ini masih setengah dari kondisi ideal untuk melayani pernikahan dua juta peristiwa setiap tahunnya, yang tersebar di 5.901 KUA seluruh Indonesia," terang dia dalam Rapat Kerja bersama dengan Komisi VIII DPR RI, di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini menjelaskan, bahwa setengah dari jumlah penghulu yang ada saat ini, juga akan memasuki masa purna tugas sebagai ASN. Sehingga dibutuhkan adanya penambahan jumlah penghulu.

“Jika dirata-rata akan ada sebanyak 400 orang penghulu yang pensiun setiap tahunnya,” katanya.

Jika hal ini tidak segera mendapat perhatian, ia memprediksi dalam 10 tahun ke depan, Indonesia akan kekurangan penghulu. 

Saat ini, Kemenag melalui Ditjen Bimas Islam terus berupaya menambah kuota formasi calon penghulu, namun yang diperoleh hanya 150 orang setiap tahunnya. 

Berkurangnya jumlah penghulu, kata Yaqut, akan mempengaruhi kualitas pelayanan kepada masyarakat. Namun, ia terus berusaha untuk memberikan yang terbaik.

"Kurangnya kuantitas penghulu ini tentu akan mempengaruhi kualitas pelayanan publik yang diberikan pada masyarakat, meskipun begitu kami tetap berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ujarnya.

Gus Yaqut berharap Komisi VIII DPR sebagai mitra kerja Kementerian Agama bisa mendukung pihaknya dalam merealisasikan target pemenuhan kuota penghulu di seluruh Indonesia.

“Dengan kondisi ini tentunya dukungan dari Komisi VIII akan sangat membantu merealisasikan target pemenuhan kuota penghulu di seluruh Indonesia," ujarnya.
 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network