get app
inews
Aa Read Next : Menteri Agama Yaqut :  Babel Indonesia Mini, Beragam tapi Damai

Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia Berangkat pada 4 Juni 2022

Jum'at, 22 April 2022 | 20:16 WIB
header img
Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia Berangkat pada 4 Juni 2022. (Foto: iNews.id/Reuters).

JAKARTA, lintasbabel.id - Kloter pertama jamaah haji Indonesia akan diberangkatkan pada 4 Juni 2022. hal ini disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Menag Yaqut meminta kepada jajarannya agar mampu bergerak cepat dan tidak berleha-leha. Yaqut mengatakan, dengan waktu yang semakin mepet, Ia tidak mau jajarannya bekerja terlalu santai. 

Menurutnya, meskipun telah berpengalaman mengurus ibadah haji, tetap diperlukan kecepatan dan kehati-hatian. 

"Saya tidak mau ada yang santai-santai, sebanyak apapun pengalaman yang dimiliki dalam penyelenggaraan ibadah haji," ujar Yaqut dikutip MPI dalam laman Kemenag, Rabu (20/4/2022). 

Menurut Yaqut, hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan beberapa tahun lalu dengan tahun sekarang di tengah pandemi covid-19. Hal itu, kata Yaqut, harus menjadikan motivasi jajarannya guna menyukseskan pemberangkatan haji yang telah ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. 

"Karena haji kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sejak beberapa hari lalu kita sudah bersusah payah untuk mendapatkan kuota haji, kali ini kita harus bersusah payah agar pelaksanaan haji bisa berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya. 

Seperti diketahui sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) resmi menerima kuota haji 1443H/2022M dari pemerintah Arab Saudi sebanyak 100.051 orang. Menurut Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Ditjen PHU Kemenag, Subhan Cholid mengatakan jumlah tersebut terdiri atas 92.825 kuota reguler dan 7.226 kuota jamaah haji khusus. 

Subhan menyampaikan pembagian kuota haji reguler dan haji khusus kali ini tidak menggunakan rumus 8% berdasarkan ketentuan UU Nomor 8 Tahun 2019. Sebab alokasi kuota haji langsung dibagi oleh Pemerintah Arab Saudi.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut