Kembalikan Formulir, Bayu Seno Calon Tunggal Ketum BPC HIPMI Kabupaten Bangka

Muri Setiawan
Hermawan Bayu Seno, Bakal Calon tunggal Ketum BPC HIPMI Kabupaten Bangka. Foto: Dok. Pribadi.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Panitia Musyawarah Cabang Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Muscab BPC HIPMI) Kabupaten Bangka, menutup masa pendaftaran bakal calon Ketua Umum (Ketum) periode 2023-2026, hari ini, Minggu (3/9/2023). Hingga pukul 20.45 WIB, tercatat hanya 1 orang yang mendaftarkan dirinya maju di pemilihan Ketum. 


Ketua Tim Pemenangan Bakal Calon Ketum BPC HIPMI Kabupaten Bangka, Alan mengembalikan berkas formulir pencalonan atas nama Bayu Seno kepada SC dan OC Muscab BPC HIPMI Kabupaten Bangka, Minggu (3/9/2023). Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Muri Setiawan.

Pengembalian berkas formulir diserahkan langsung oleh Ketua Tim Pemenangan Bakal Calon Ketum Bayu Seno, Rindanu Alan Gumilar. 

"Saya diberi mandat oleh Bayu untuk menyerahkan berkas formulir, Alhamdulillah malam ini kami sudah melewati proses awal pencalonan saudara Bayu Seno. Kami juga minta dukungan dan doa kepada para senior dan anggota BPC HIPMI Kabupaten Bangka, untuk saudara Bayu agar lancar dan dimudahkan dalam tahapan pencalonan selanjutnya. Semoga ikhtiar kami ini memberikan manfaat bagi kemaslahatan BPC HIPMI Kabupaten Bangka kedepan," ujar Alan. 

Sementara, Ketua SC Musda BPC HIPMI Kabupaten Bangka, Adi Putra mengatakan dengan pengembalian berkas ini, proses tahapan Muscab BPC HIPMI Kabupaten Bangka setidaknya sudah memastikan 1 orang nama bakal calon Ketum. 

"Penutupan sampai pukul 23.59 malam ini. Sejauh ini yang mengambil berkas formulir dan mengembalikan baru satu orang, atas nama Hermawan Bayu Seno," kata Adi Putra. 

Atas hal ini, berarti hanya calon tunggal yang mengajukan diri sebagai bakal calon Ketum BPC HIPMI Kabupaten Bangka. 

"Kami masih menunggu sampai malam nanti. Jika tidak ada yang mengembalikan formulir, artinya calon tunggal. Karena memang sebelumnya pada tahapan pendaftaran, cuma Bayu yang mengambil formulir. Bisa dipastikan calon tunggal," tuturnya. 

Dikatakan Adi, tahapan selanjutnya adalah verifikasi berkas bakal calon Ketum yang dilaksanakan pada tanggal 4-6 September 2023.

"Verifikasi dilakukan bersama dengan BPD HIPMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selanjutnya, tanggal 9 September adalah pengumuman Calon Ketua Umum. Lalu tanggal 10-12 September, ada masa sanggah, jikalau ada anggota yang merasa keberatan dengan pencalonan tersebut," ujarnya. 

Jika tidak ada sanggahan, tahapan selanjutnya adalah masa kampanye calon Ketum tanggal 13-18 September 2023. Lalu ada masa tenang tanggal 19 September, sehari sebelum Muscab yang insya Allah dilaksanakan tanggal 20 ini," kata Ketua KNPI Bangka ini. 

Sebelumnya, Hermawan Bayu Seno, siap maju sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kabupaten Bangka periode 2023-2026. Pengusaha muda yang berusia 33 tahun ini, resmi mengambil formulir pendaftaran bakal calon Ketua Umum BPC HIPMI, di Sekretariat Panitia Musyawarah Cabang (Muscab) BPC HIPMI, Rabu (30/8/2023). 

Usai menyerahkan formulir pendaftaran, Bayu mengatakan dirinya bertekad maju pencalonan untuk mengembangkan potensi pengusaha muda di Kabupaten Bangka. 


Hermawan Bayu Seno (baju putih) mengambil formulir pendaftaran bakal calon Ketum BPC HIPMI Kabupaten Bangka. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Muri Setiawan.

"Bismillah, hari ini Alhamdulillah saya siap maju sebagai Ketum BPC HIPMI Kabupaten Bangka. Niat saya maju ini sebenarnya atas masukan para senior dan kawan-kawan di HIPMI juga. Pada intinya, HIPMI Kabupaten Bangka harus menjadi wadah bagi pengusaha muda untuk sama-sama berkiprah membangun daerah," kata Bayu. 

Dia menyebut, saat ini para pengusaha muda di Bangka sudah sangat mengenal keberadaan HIPMI.

"Kawan-kawan kita para penguasa muda sudah tau apa itu HIPMI. Saya juga dalam beberapa kesempatan sering berdiskusi dengan mereka mengenai HIPMI. Rata-rata dari mereka ketika saya ajak bergabung, bertanya soal agenda dan program kerja. Jadi sedikit ragu mereka ini. Hal ini yang jadi PR kepengurusan BPC HIPMI Kabupaten Bangka kedepan, bagaimana mereka bisa nyaman di organisasi dan bisa ikut berpartisipasi serta berkontribusi untuk HIPMI dan daerah," ujarnya. 

Selain itu, Bayu mengungkapkan sektor UMKM juga harus diperhatikan, karena sektor ini sudah terbukti mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. 

"UMKM, pelaku industri kreatif, harus mendapat porsi, prioritas kita juga. Kenapa? Saat pandemi kemarin, banyak bisnis yang kolaps, UMKM malah bisa bertahan. Jangan ditanya kontribusinya untuk menggerakkan perekonomian negara. Yang jelas, sektor ini yang paling mencolok adalah dalam hal membantu pemerintah mengatasi angka pengangguran," ucapnya. 

Terkait kepengurusan BPC HIPMI Kabupaten Bangka saat ini, menurut Bayu sudah cukup baik. Meskipun terdapat sejumlah hal, salah satunya faktor pandemi. 

"Kepengurusan BPC HIPMI Kabupaten Bangka sekarang memang berjalan agak terseok-seok, pandemi kemarin salah satu kendala juga untuk melakukan koordinasi. Beberapa program kerja dan agenda organisasi macet, hal ini bisa dimaklumi. Terimakasih untuk Ketum Ridho Rezaldy yang sudah memimpin BPC HIPMI Kabupaten Bangka sekarang," tuturnya. 

Bayu Seno sendiri, saat ini masih menjabat sebagai Bendahara Umum BPC HIPMI Kabupaten Bangka periode 2021-2023. Dia tercatat beraktivitas sebagai penguasa properti, yang sudah dijalaninya sejak tahun 2018.

"Harapan saya, bagaimana BPC HIPMI Kabupaten Bangka bisa bersinergi dengan pihak terkait, dengan lintas pengurus HIPMI se-Provinsi Babel, BPP HIPMI, dengan pemerintah, pelaku usaha, UMKM, anak-anak muda, bahkan mereka yang berkeinginan menjadi penguasa. Mari bersama-sama bergerak di HIPMI, berjuang bersama. Seperti slogan HIPMI, Pengusaha Pejuang-Pejuang Pengusaha," katanya. 

Formulir Bayu Seno sebagai bakal calon Ketua Umum BPC HIPMI Kabupaten Bangka ini sendiri diserahkan oleh Ketua SC Muscab BPC HIPMI Bangka, Adi Putra beserta beberapa anggota SC, didampingi panitia (OC) Muscab. 

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network