TPA Air Belo Overload, DLH Bangka Barat Siapkan Tempat Pengganti di 2024 Mendatang

Rizki Ramadhani
Kondisi terkini TPA Air Belo Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, yang sudah overload dipenuhi tumpukan sampah. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rizki Ramadhani.

Hal ini jadi salah satu pekerjaan rumah (PR) besar dan harus segera ditangani oleh Pemkab Babar. Mengingat TPA menjadi salah satu unsur untuk meraih Piala Adipura. Bahkan dikabarkan, TPA memiliki nilai yang cukup besar untuk meraih atau predikat kota bersih itu yang sudah lama tak diraih Babar. 

"Tapi, untuk mendapatkan dana ini kita diminta menyediakan lahan. Makanya, sekarang, Dinas PU sudah memproses studi kelayakan untuk lahan TPA baru, kita akan kejar agar selesai tahun ini sehingga di 2024 kita sudah bisa melakukan pembebasan lahan berikut amdal dari APBD kabupaten," ujarnya. 

Chandra menambahkan, TPA yang baru ini rencananya akan dibangun di wilayah Kecamatan Simpang Teritip agar bisa menampung sampah bukan hanya dari Kecamatan Mentok saja tetapi juga kecamatan lain di Babar. 

"Makanya rencana kita lokasi TPA baru terletak di Kecamatan Simpang Teritip, jadi dia berada di tengah. Kita sudah ke  lapangan kemarin dan mencari lahan, beberapa pemilik ada yang mau lahan mereka dijual. Tetapi tetap untuk lokasi TPA yang kita cari kemarin sesuai aturan undang-undang," ucapnya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network