Pemerintah Daerah Akan Bawa Produk UMKM Babel ke Dubai

Agus Wahyu
Pemerintah Daerah Akan Bawa Produk UMKM Babel ke Dubai.

Gubernur Erzaldi menuturkan, di Bangka Belitung saat ini mulai menunjukkan berbagai potensi besar terbaru yang dapat dikembangkan sebagai produk UMKM, seperti halnya pinang dan lidi nipah yang ia lihat di stan perayaan Hari Koperasi Nasional bersama Ketua Dekranasda Babel, Ibu Melati Erzaldi. Bahkan, saat meninjau stan tersebut, ia mendapatkan penjelasan di mana pinang yang diolah oleh salah satu koperasi, akan di ekspor.

"Ada permintaan ekspor pinang sekali pun kita masih tandem dengan Jambi. Artinya, kita punya komoditi pilihan dan kita bisa memanfaatkan area perkebunan atau pekarangan rumah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Kita bisa jadikan ini sebagai pendorong bagi anggota koperasi lainnya untuk berkembang," jelasnya.

"Dari pinang ini bisa dibuat menjadi berbagai bahan kerajinan. Ada saya lihat dari pelepah pinang bisa dijadikan piring. Ini bisa menjadi cikal bakal mengurangi penggunaan plastik dan styrofoam yang memang sudah dilarang. Kita tinggal melihat apakah bahan tersedia, dan harganya murah di negeri kita yang akan menjadi nilai tambah. Ini wujud rencana kita untuk mengembangkan produk. Kita tinggal mencari pasar ke depannya.

 

Editor : Muri Setiawan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network