Biodata Pemilik Sayurbox, Startup e-Grocery yang mem-PHK Karyawannya

Ratih Ika Wijayanti/Net IDX Channel
Pemilik startup e-grocery Sayurbox. Foto: IDXchannel

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Biodata pemilik Sayurbox, startup e-grocery banyak dicari publik. Hal ini lantaran perusahaan tersebut belakangan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya. 

Badai PHK yang dilakukan beberapa perusahaan rintisan belum berakhir. Setelah GoTo, Ruangguru, OYO, dan beberapa lainnya, kini giliran Sayurbox yang melakukan efisiensi karyawan. 

Pihak Sayurbox sendiri mengungkap bahwa efisiensi tenaga kerja ini dilakukan untuk membuat perusahaan mandiri secara finansial dan tumbuh secara berkelanjutan di tengah tantangan ekonomi global. 

Berikut ini ulasan singkat tentang siapa pemilik Sayurbox, yang dirangkum dari IDXChannel.

Siapa Pemilik Sayurbox?

Startup e-grocery merupakan startup milik oleh Amanda Susanti Cole. Wanita kelahiran 22 Juni 1990 ini merupakan lulusan The British International School, Jakarta (2008) dan The University Manchester, jurusan Management and Finance (2008-2011). 

Berawal dari hobi berkebun, Amanda Cole pun mendirikan sebuah startup yang fokus menjual tanaman asli Indonesia dan hasil panen yang didistribusikan ke restoran fine dining. 

Dilansir dari Forbes, Amanda Cole memiliki pengalaman bekerja yang cukup panjang sebelum akhirnya fokus mendirikan platform digitalnya sendiri. Ia memilih mengundurkan diri dari pekerjaan demi fokus mewujudkan mimpinya untuk bertani dan mendirikan Sayurbox. 

Pada mulanya, Amanda mengurus kebun milik keluarganya yang ada di daerah Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat. Pertanian keluarganya inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Sayurbox. Hingga pada tahun 2017, Amanda pun secara resmi memulai bisnis Sayurbox miliknya.

Seiring berjalannya waktu setelah Amanda Cole berkecimpung di e-bisnis tersebut, ia pun mulai bertemu dengan petani-petani di Indonesia. Pertemuan ini kemudian membuatnya berpikir untuk membantu para petani agar dapat menjual hasil panennya dengan jangkauan yang lebih luas. 

Pasalnya, para petani kerap menghadapi permasalahan dalam menjual hasil panennya. Dari kesulitan tersebut, Amanda pun menyediakan wadah agar para petani dapat menjual hasil panennya secara digital. 

Sayurbox pun menjadi penolong bagi para petani lokal karena memotong rantai distribusi dan menguntungkan petani. Sebelum adanya Sayurbox, rantai distribusi di daerah supplier cukup panjang dan kadang cukup merugikan petani lokal. Amanda Cole menciptakan wadah agar dapat menyalurkan langsung hasil pertanian ke konsumen sehingga lebih efisien. 

Ide brilian ini pun mendapatkan respon positif dari masyarakat. Keberhasilan Sayurbox ini pun berhasil membawa Amanda Cole masuk dalam daftar 30 Under 30 Forbes untuk kategori Industry, Manufacturing, and Energy 2019.

Itulah tadi sekilas tentang siapa pemilik Sayurbox, startup e-grocery yang tengah disorot karena mem-PHK sejumlah karyawannya.

 

Artikel ini telah tayang di IDXCHannel.com, dengan judul : " Siapa Pemilik Sayurbox? Startup E-Grocery yang PHK 5 Persen Karyawan "

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network