Negara Berikut Ini Memiliki Jumlah Tentara Terbanyak di Dunia, Indonesia Termasuk?

Ajeng Wirachmi/ Net SindoNews.com
Negara dengan jumlah tentara terbanyak di dunia dapat anda pelajari dalam artikel kali ini. Foto: Ilustrasi tentara Rusia/ Reuters.

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Negara berikut ini memiliki jumlah tentara terbanyak di dunia, salah satunya berada di Benua Asia. Jumlah tentara negara tersebut mencapai lebih dari 1 juta personel.

Militer merupakan elemen penting dalam sebuah negara berdaulat. Kehadiran personel tentara tentu saja menjamin rasa keamanan para penduduknya.

Para personel militer ini akan siap sedia jika suatu saat ada ancaman yang mencoba merusak kedaulatan negara. Karenanya, bagi sebagian besar negara, memiliki jumlah militer yang banyak, adalah hal yang sangat vital.

Lantas negara mana saja yang memiliki jumlah tentara terbanyak di dunia? Berikut ini ulasan singkatnya yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

Negara dengan jumlah tentara terbanyak di dunia

6. Pakistan

Pakistan memiliki 640 ribu tentara militer aktif, yang tercatat di tahun 2022. Tak tanggung-tanggung, Pakistan menggelontorkan anggaran di bidang militer sebesar USD7,5 miliar untuk tahun 2022-2023. Angka ini meningkat 12% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pakistan mempunyai beragam kekuatan militer, seperti rudal anti balistik, senjata anti satelit, dan kapal selam yang mampu meluncurkan balistik. Kendaraan tempur infanteri yang dimiliki India sejumlah kurang lebih 2.500 unit dan tank tempur melebihi 4.800 unit.
 

5. Rusia

Di nomor 5 ada Rusia, yang saat ini sedang terlibat perang dengan Ukraina. Melansir pada data Statista, Rusia mempunyai 850 ribu personel militer. Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) menyatakan bahwa Rusia telah meningkatkan pengeluaran militernya di tahun 2021 menjadi USD65,9 miliar. Itu artinya pengeluaran militer Rusia menyentuh 4,1% dari PDB tahun yang sama.

Rusia bisa meningkatkan pengeluaran militernya karena dibantu oleh hasil atau pendapatan minyak dan gas yang juga tinggi.

Ketika memasuki masa konflik dengan Ukraina, Rusia menghabiskan lebih dari USD300 juta per hari untuk biaya pertahanan.

 

4. Korea Utara

Negara satu ini berada di peringkat 4 jumlah militer terbanyak di dunia, yakni 1,2 juta personel. Melansir laman Council on Foreign Relations, Korea Utara sudah mulai melakukan percepatan pembangunan senjata nuklir.

Di sisi lain, Korea Utara juga terus melakukan modernisasi kekuatan konvensionalnya. Negara ini kerap melakukan uji coba nuklir yang cukup membuat pihak lain, seperti AS, khawatir.

Pengeluaran militer Korea Utara sepanjang tahun 2009 sampai 2019 diperkirakan adalah USD4 miliar per tahunnya.

3. Amerika Serikat

Di posisi ketiga, ada negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS) yang memiliki 1,39 juta personel militer aktif. Dimana, sebagian besar anggotanya bertugas di Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut. Sementara itu, sisanya ditugaskan di Korps Marinir.

AS sendiri mempunyai anggaran militer paling besar dibanding negara lainnya, yakni USD770 miliar. Total kendaraan tempur lapis bajanya adalah 45.193, didukung oleh 13.247 unit pesawat. Personel tentara AS rata-rata ditempatkan di Virginia dan California.

 

2. India

Tak hanya terkenal dengan film Bollywoowdnya, India juga masuk dalam jajaran negara dengan personel militer terbanyak di dunia.

Pada tahun 2022, India tercatat memiliki 1,45 juta personel militer aktif. Untuk anggaran militer tahun 2022-2023, negara itu menyediakan dana sebesar USD54,2 miliar.

Tahun ini, India mengeluarkan modal untuk pembelian senjata baru angkatan udara sebesar USD7,43 miliar. Sementara itu, angkatan laut diberikan sekitar USD6,36 miliar dan angkatan darat India mendapatkan alokasi dana USD4,28 miliar.

Pada tahun 2021, pengeluaran militer India sebesar USD76,6 miliar, naik 0,9% dari tahun sebelumnya.

Dan inilah negara dengan jumlah tentara paling banyak di dunia:

1. China

Berlandaskan data yang dipublikasi oleh Statista, China menempati urutan pertama sebagai negara dengan jumlah tentara terbanyak di tahun 2022, yakni 2 juta personel.

China sengaja berinvestasi dengan persenjataan dan peralatan canggih, bahkan negara ini melakukan modernisasi angkatan bersenjata dengan merobak struktur komando militernya.

Pada Maret 2022, pemerintah China mengumumkan bahwa anggaran pertahanan yang mereka sediakan setidaknya USD229 miliar untuk tahun fiskal 2022. Angka ini meningkat 7,1% dari tahun sebelumnya.

 

Sebagai informasi, Indonesia sendiri berdasarkan data dari Global Fire Power (GFP) menempati peringkat ke-15. Total personel militer Indonesia adalah 1.080.000 orang, dimana tentara aktifnya adalah 400.000 personel. Anggaran pertahanan Indonesia adalah sebesar USD9,3 miliar lebih kecil dari negara jiran Singapura yang menganggarkan USD11,56 miliar untuk pertahanan mereka.

Itulah tadi, ulasan mengenai negara dengan jumlah tentara terbanyak di dunia. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kebangsaan Anda!

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Rabu, 21 September 2022 - 16:04 WIB oleh Ajeng Wirachmi, Litbang MPI dengan judul "Negara dengan Jumlah Tentara Terbanyak, Nomor 1 Ada di Asia"

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network