Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah Warga di Bangka Selatan

Haryanto
Rumah warga terdampak angin puting beliung di Kabupaten Bangka Selatan. (Foto : ist).

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mencatat ada 150 rumah warga di Kabupaten Bangka Selatan, rusak parah dihantam puting beliung. Peristiwa tersebut terjadi akibat dampak fenomena La Nina.

BPBD Babel, langsung menanggapi bencana alam yang terjadi di Desa Bencah, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (7/12/2021).

"Musibah ini terjadi di 150 unit rumah warga di 2 RW setempat dan kami sudah mengirimkan 130 lembar terpal, sedangkan lainnya dari BPBD Bangka Selatan," kata Mirkon Antariksa. 

Menurutnya, petugas dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD saat ini sudah ke lokasi kejadian untuk memberikan bantuan berupa terpal, supaya barang-barang berharga milik warga tidak rusak jika terkena hujan. 

"Angin puting beliung ini, selain terjadi di Desa Bencah juga terjadi di Belitung Timur (Beltim) merusak satu unit rumah warga," ujarnya.

Tidak hanya itu, Mikron mengungkapkan selain angin puting beliung, banjir dan air pasang atau rob juga terjadi di sejumlah wilayah di Babel seperti Pangkalpinang, Bangka Tengah (Bateng) dan Belitung. 


Petugas ikut membersihkan dan mengevakuasi benda-benda berharga milik warga saat banjir rob melanda perkampungan padat penduduk di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Selasa (7/12/2021). (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani).

Akibat banjir ini, di Pangkalpinang merendam sebanyak 464 unit rumah, diantaranya di Kelurahan Opas Indah sebanyak 144 unit rumah, di Kampung Seberang sebanyak 150 unit rumah, di Kelurahan Rejosari sebanyak 60 unit rumah, di Kelurahan Pasir Putih sekitar 110 unit rumah.

Editor : Haryanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network