Contoh Teks Hikayat, Lengkap dengan Jenis dan Ciri-cirinya

Iqbal Widiarko/ Net Celebrities
Contoh teks hikayat, lengkap dengan jenis dan ciri-cirinya. Foto: net

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id -  Contoh teks hikayat bisa kalian pelajari dari artikel berikut ini. Selain contoh, juga akan dibahas tentagn pengertian dan ciri-ciri teks hikayat yang dapat memperkaya referensi kalian dalam belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah maupun di rumah.

Hikayat sendiri adalah sebuah karya sastra yang berisi cerita, undang-undang dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, grafis dan sifat sifat lainnya yang sejenis.

Dilansir dari buku bertajuk Memahami Hikayat Dalam Sastra Indonesia (1985) karya Baroroh Baried dkk, hikayat merupakan nama jenis sastra lama yang memakai bahasa Melayu sebagai wahananya. Umumnya, hikayat menceritakan tentang kehidupan dari keluarga istana, kaum bangsawan atau pun juga orang-orang ternama dengan segala kegagahan, kehebatan, kesaktian ataupun juga kepahlawanannya.

Hikayat berfungsi untuk menumbuhkan jiwa kepahlawanan, membangkitkan semangat juang dan untuk mengabadikan segala kejadian yang dialami oleh para raja.

Hikayat memiliki beberapa jenis dengan ciri-cirinya, sebagai berikut:

Jenis-jenis Hikayat

1. Hikayat Jenis Rekaan

Ciri-ciri hikayat jenis ini memiliki struktur cerita tentang kehidupan kerajaan. Tujuan jenis ini adalah untuk menghibur. Memiliki tokoh yang berakhir bahagia, pesan moral, dan bersifat stereotip.

Contoh: peperangan antarkerajaan, keajaiban dan kekuatan, serta percintaan antartokoh istana.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network