Resmi, Arab Saudi Putuskan Haji 2021 hanya untuk 60.000 Jemaah Dalam Negeri

Anton Suhartono
Arab Saudi memutuskan pelaksanaan Haji 2021 hanya untuk 60.000 jamaah dalam negeri. (Foto: iNews.id/Reuters)

RIYADH, iNews.id - Arab Saudi akhirnya mengambil keputusan terkait pelaksanaan ibadah haji 2021. Berkaitan dengan pandemi Covid-19, haji tahun ini hanya diperuntukkan bagi 60.000 jemaah yang sudah berada di dalam negeri, baik warga lokal maupun ekspatriat.

Keputusan ini mengulangi pelaksanaan haji pada 2020. Tahun lalu hanya warga lokal yang diberi kesempatan menunaikan Rukun Islam ke-5 itu.

Kementerian Kesekatan serta Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan kebijakan pelaksanaan haji pada Sabtu (12/6/2021) dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19, sebagaimana dikutip dari Arab News.

Kementerian mengumumkan, pelaksanaan haji tahun ini akan diikuti 60.000 jemaah. Usia jemaah juga dibatasi yakni 18 sampai 65 tahun.

Pemerintah Indonesia sebelumnya telah mengambil keputusan terkait pelaksanaan ibadah haji. Indonesia membatalkan pengiriman karena kondisi Covid-19 yang belum berakhir.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah melalui diskusi panjang dengan berbagai pihak. Kebijakan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021.

"Pemerintah menerbitkan Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 tentang keputusan pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 2021," ujar Menag, di Kantor Kemenag, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Dia pun menjelaskan pertimbangan utama pembatalan ini yaitu karena masih melonjaknya kasus covid-19 di sejumlah negara. Menag mengatakan negara hanya ingin memastikan keselamatan dan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

 

Editor : ZenTeguh

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network