Baju Adat Bangka Belitung, Perpaduan Budaya Arab, Tionghoa dan Melayu

Muri Setiawan
Baju adat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (Foto: Istimewa)

Pakaian adat ini umum dipakai pada acara pernikahan. Pakaian ini merupakan wujud beberapa akulturasi dari kebudayaan arab, tionghoa, dan melayu . Nama pakaian adat Bangka Belitung ini sendiri disebut Baju Seting dan juga Kain Cual.

Baju seting merupakan pakaian yang digunakan khusus oleh wanita. Baju seting adalah baju kurung bangka belitung yang berwarna merah dan terbuat dari kain beludru atau kain sutra.

Dalam penggunaannya, biasanya baju kurung ini dipadupadankan dengan bawahan berupa kain cual. Kain Cual Bangka belitung atau lebih dikenal dengan Limar Muntok merupakan jenis kain asli Bangka Belitung yang dibuat dengan metode tradisional tenun ikat.

Motif dari Kain Cual sendiri ada dua macam yaitu motif corak penuh yang biasa disebut Motif Penganten Bekecak dan motif ruang kosong yang biasa disebut Motif Jande Bekecak.

Jika dilihat secara sekilas, corak motif dalam Kain Cual Bangka Belitung cukup mirip dengan kain songket khas kota Palembang. Akan tetapi, terdapat perbedaan pada bentuk motif hiasannya. Kain Cual Bangka Belitung memiliki motif berupa bentuk-bentuk bunga, seperti bunga cengkeh dan bunga cempaka atau motif tumbuhan dan hewan.

Di samping menggunakan baju kurung dan juga Kain Cual, para perempuan dalam masyarakat adat Bangka Belitung juga mengenakan beberapa aksesoris tambahan seperti mahkota emas dengan ornamen paksian, penutup dada yang berbentuk teratai, bunga cempaka, bunga goyang, kuntum cempaka, daun bambu, sari bulan, pagar tenggalung, serta tutup kepala yang berupa kembang hong.

Para perempuan tersebut juga mengenakan kalung Anting panjang, hiasan di samping telinga berupa sepit, gelang pending sebagai ikat pinggang, dan juga ronce melati pada pakaian yang dikenakan.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network