Logo Network
Network

Data Twitch Bocor, Rahasia Pendapatan Streamer Tersebar ke Publik

Muri Setiawan
.
Kamis, 07 Oktober 2021 | 21:02 WIB
Data Twitch Bocor, Rahasia Pendapatan Streamer Tersebar ke Publik
Platform streaming Twitch.

LONDON, lintasbabel.id - Platform streaming Twitch menjadi korban peretasan, yang membuat sejumlah data penting bocor. Rahasia perusahaan dan pendapatan para streamer, juga diumbar dalam dokumen yang dibagikan di sebuah forum online.

Dokumen-dokumen tersebut menunjukkan data streamer teratas Twitch, yang menghasilkan jutaan dolar dari perusahaan milik Amazon dalam 2 tahun terakhir. 

Twitch mengkonfirmasi pelanggaran tersebut dan berusaha mencari tahu darimana kebocoran tersebut terjadi.

Streamer Fortnite BBG Calc mengaku kaget dengan data yang disebar secara online tersebut, karena angkanya 100% benar. Streamer lain mengkonfirmasi kepada BBC, bahwa pendapatan mereka sama dengan yang ada pada bocoran data tersebut.

Dokumen yang dibagikan di forum online, memperlihatkan pendapatan para streamer dari bulan Agustus atau September 2019 hingga Oktober 2021.

Beberapa versi yang dibagikan menunjukkan streamer terkenal, termasuk saluran Dungeons & Dragons CriticalRole, xQC Kanada, dan American Summit1g, sebagai salah satu yang berpenghasilan tertinggi.

Selain rincian gaji, dokumen tersebut juga berisi kode sumber situs dan rincian teknis untuk produk dan platform yang belum dirilis.

Kebocoran ini sangat memalukan bagi Twitch karena plafon ini terkenal sangat menjaga detail operasional mereka. Apalagi ini terjadi pada saat pesaing seperti YouTube Gaming menawarkan gaji besar untuk menangkap bakat gamer sehingga dampaknya bisa signifikan.

Pakar keamanan mengatakan, memberi tahu saya bahwa file tersebut berisi hal-hal seperti detail server internal yang hanya dapat diakses oleh karyawan Twitch.

"Jika semuanya benar, itu akan menjadi kebocoran terbesar yang pernah saya lihat. Seluruh data perusahaan yang paling berharga dibersihkan dalam satu gerakan," katanya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Bagikan Artikel Ini