get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Tekan Angka Stunting, Pemkab Bangka Barat Bakal Gandeng Pihak Ketiga

Selasa, 07 Juni 2022 | 12:16 WIB
header img
Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming. (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani.)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming berusaha semaksimal mungkin bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) untuk menurunkan jumlah stunting di Bangka Barat. Saat ini asus stunting di Bangka Barat masih tertinggi dibanding kabupaten atau kota yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

"Pertama harus semua OPD terlibat dalam hal penanganan stunting, tidak bisa sendiri-sendiri. Kita akan libatkan TNI-Polri, seluruh Forkopimda. Kemudian edukasi kepada masyarakat, beberapa hari yang sudah kita persiapkan, dari Dinas Kesehatan kita ada Program Bik Cantik (Bina Keluarga Calon Pengantin Oke)," ucapnya, Selasa (7/6/22).

Kedepan Bong Ming Ming berencana akan melibatkan pihak ketiga seperti perusahaan yang ada di Bangka Barat sehingga tidak terlalu membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Anggaran tidak harus serta merta APBD banyak perusahaan yang bisa kita libatkan dalam hal penanganan stunting, sehingga beban dana tidak terlalu membebani APBD.  Target kita tidak muluk-muluk, minimal kita tidak nomor satu, tapi harapan kita insyaallah bisa turunkan drastis, tapi tidak semudah itu," tuturnya. 

Selain itu, pihaknya akan fokus memberikan edukasi kepada calon pengantin, menghindari pernikahan dini kemudian akan melakukan pendampingan ibu hamil hingga melahirkan.

"Inikan disuplay makanan bergizi supaya ibu-ibu itu tidak melahirkan anak stunting, kemudian kita juga mengawal dari makanan yang memang asli daerah dan sebenarnya gizi cukup baik, itu yang akan kita edukasi buat ibu hamil, jadi mereka tidak asal makan sehingga dari persiapan bayi dalam perut setelah dia keluar itu kita kawal," katanya. 

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut