get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Pemkab Bangka Barat Bakal Lakukan Reklamasi untuk Penataan Kawasan Pesisir

Minggu, 05 Juni 2022 | 17:21 WIB
header img
Bupati Bangka Barat, Sukirman saat melakukan kunjungan kerja ke Sentra Ikan Bulak. (Foto: Istimewa)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Setelah berkunjung ke Kota Semarang, unsur Forkopimda Bangka Barat yang terdiri dari Bupati Sukirman, wakil Bupati Bong Ming Ming dan sejumlah pejabat lainnya mengunjungi Sentra Ikan Bulak, Surabaya, Jawa Timur. 

Sentra Ikan Bulak ini, merupakan sebuah tempat kuliner terpadu yang dulunya merupakan kawasan kumuh, namun sudah disulap oleh Pemerintah Surabaya menjadi tempat kuliner dan pusat oleh-oleh Surabaya.

Wakill Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming menyampaikan hasil dari pengamatan ke Surabaya ini, akan coba diterapkan terkait penataan kawasan kumuh dan pesisir di Bangka Barat.  

"Ketika melihat lokasi reklamasi tadi, mungkin bisa menjadi alternatif solusi untuk penataan kawasan kumuh di Bangka Barat menjadi lebih baik. Insyaallah apa yang kita pelajari di Surabaya ini dalam waktu dekat akan kita lakukan juga di Bangka Barat dengan inovasi-inovasi yang lebih lagi," kata Bong Ming Ming, Minggu (5/6/2022). 

Sementara itu, Bupati Bangka Barat, Sukirman mengatakan pihaknya kedepan akan melakukan penanaman mangrove lebih banyak lagi sejauh 1 km di kawasan pesisir yang ada di Bangka Barat.

"Kebetulan Bangka Barat itu banyak daerah pesisir dan pusat kotanya Mentok sendiri adalah dekat pesisir. Hal ini sudah dibicarakan dengan Pak Pj. Gubernur. Kemudian akan kita reklamasi daerah tersebut," ujar Sukirman. 

Sukirman menilai reklamasi merupakan salah satu solusi untuk menciptakan penataan ruang yang baik dan rapi di Bangka Barat. 

"Potensi pantai di Bangka Barat sangat bagus sekali, pasirnya putih, nanti akan kita reklamasi seperti yang kita pelajari di Surabaya ini. Kita tidak mau terkesan kumuh, namun tidak dengan mengeser atau menggusur tapi dengan reklamasi lah salah satu cara yang bisa kita lakukan. Mudah-mudahan yang dulu terkesan kumuh bisa jauh lebih baik lagi, masyarakatnya dan tamu juga bisa merasakan indah, nyaman dan asri. Insyaallah segera diterapkan," tuturnya. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut