get app
inews
Aa Read Next : Jual Minol Tanpa Izin, Kafe Resto di Belitung Timur Dirazia : 16 Pekerja Belum Lengkapi Adminduk

Waspada! Beberapa Nama Pejabat Beltim Dicatut untuk Menipu Masyarakat via WA, Termasuk Bupati

Senin, 23 Mei 2022 | 21:05 WIB
header img
Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin. (Foto: Istimewa)

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id - Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin mengimbau kepada masyarakat agar tidak langsung menanggapi pesan WhatsApp (WA) yang bernada meminta sesuatu dengan mengatasnamakan Bupati Beltim.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati. Apabila ada orang yang mengatasnamakan Bupati, saya mohon untuk dikonfirmasi kepada saya. Jangan langsung ditanggapi,” ujarnya saat dikonfirmasi mengenai pencantutan namanya oleh orang tidak dikenal, Senin (23/5/2022).

Beberapa waktu lalu, Burhanudin menerima aduan dari masyarakat mengenai adanya nomer WA yang mencantumkan foto profil dirinya untuk melakukan penipuan dengan meminta sesuatu kepada masyarakat.

Ditanya apakah akan menempuh jalur hukum, Burhanudin menjelaskan bahwa saat ini ia belum membawa kasus ini ke jalur hukum, akan tetapi jika memang kasus ini masih terus beroperasi di tengah masyarakat, maka ia tidak segan-segan akan membawanya ke jalur hukum.

“Belum. Namun bila nanti diperlukan, saya akan laporkan ke pihak Kepolisian,” ungkapnya.

Tidak hanya Bupati Beltim, Sekretaris Daerah (Sekda) Beltim, Ikhwan Fahrozi pun tak luput dari ulah oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menipu masyarakat dengan meminta sejumlah uang kepada salah satu BKM Masjid di Tanjung Kelumpang. 

“Saya pribadi pun beberapa waktu yang lalu pernah dicatut nama di salah satu masjid di Tanjung Kelumpang. Modusnya saya sudah transfer, namun untuk mencairkannya mereka meminta uang pengurusan pencairan, dengan mengirim lewat rekening seseorang,” ungkap Ikhwan.

Ikhwan menjelaskan adapun jumlah yang diminta oleh oknum tersebut kepada pihak pengurus masjid sebesar Rp 5 juta, “Waktu itu untuk mencairkan uang Rp 30 juta mereka meminta Rp 5 juta,” terangnya.

Oleh sebab itu, Ikhwan juga turut menghimbau kepada masyarakat ataupun lembaga-lembaga supaya selalu berhati-hati dan tidak cepat mempercayai pesan WA yang mengatasnamakan pejabat-pejabat Pemkab Beltim yang meminta transferan sejumlah uang.

“Seluruh lembaga saya himbau untuk berhati-hati, karena penipuan yang bermodus dengan mengatasnamakan pejabat ini membuat seolah-olah memang betul kami yang membantu. Jadi, kepada seluruh lembaga-lembaga dan organisasi-organisasi untuk lebih berhati-hati. Harap dikonfirmasi dengan betul bila ada permintaan-permintaan sumbangan, permintaan transfer dan semacamnya," pesannya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut