get app
inews
Aa Read Next : Ingin Merbuk, Kenari dan Pungguk bisa Dimanfaatkan, Didit Kawal Perubahan RTRW jadi Zona Tambang

BPTP Siapkan Sorgum untuk Mengisi Lahan Tandus Pasca Tambang

Kamis, 19 Mei 2022 | 15:43 WIB
header img
Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kepulauan Babel, Agus W. Anggara. (Foto: lintasbabel.id/ Irwan Setiawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan siapkan teknologi reklamasi lahan tandus pasca tambang timah.

"Kami, BPTP Babel, sangat mendukung ada empat hal arahan dari pak PJ Gubernur; yang pertama tadi yaitu agar menjaga Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak tidak meluas. Lebih lanjut kemudian masalah reklamasi eks tambang timah,  yang ketiga masalah swasembada pangan di Bangka Belitung, yang ke empat masalah konsumsi buah lokal," kata Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kepulauan Babel, Agus W. Anggara, Kamis (19/5/2022).

Ia menyebutkan bahwa pertanian terdiri atas empat sub sektor yaitu peternakan, hortikuktura, tanaman pangan dan perkebunan. 

"Untuk reklamasi ada beberapa tanaman. Salah satu tanaman pangan yg bisa digunakan, misalnya Sorgum. Pemanfaatan sorgum untuk lahan pasca tambang dapat membersihkan permukaan tanah yang tercemar (remidiasi) lahan eks tambang," jelasnya.

"Kita akan koordinasikan pemanfaatan lahan pasca tambang untuk tanaman perkebunan dan hortikultura dengan balai penelitian terkait". Selain itu dalam bidang  pertanian kita mengenal istilah pertanian konservasi, jadi disana lahan eks tambang  yang lahan tandus bisa ditanam aneka tanaman disitu," ujarnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut