get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Sempat Tertunda 2 Tahun, Pilkades Serentak di Bangka Barat Bakal Dimulai Tahun 2022

Rabu, 18 Mei 2022 | 15:43 WIB
header img
Kabid Pemerintahan Desa Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bangka Barat, Izha Fajri. (Foto: lintasbabel.id/ Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Setelah tertunda selama dua tahun, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Bangka Barat (Babar) akan diselenggarakan pada tahun 2022 ini. 

Kabid Pemerintahan Desa Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bangka Barat, Izha Fajri mengatakan rencana mulai tahapan akan dijadwalkan pada akhir bulan Mei, pencoblosan di minggu ketiga bulan Oktober dan pelantikan di bulan November 2022.

"Secara kepastian belum dipastikan, karena itu kan baru rencana, kalau ketetapannya tinggal menunggu Pak Bupati, dan sudah diusulkan. Tahapan pilkades ini masih menunggu rapat awal dengan seluruh pihak berkepentingan seperti Kepolisian, Kejaksaan dan berbagai unsur lainnya," ujar Izha Fajri, Rabu (18/5/2022). 

Izha menambahkan, jumlah pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 ini sebanyak lima puluh lima desa di seluruh Bangka Barat yang akan dilakukan pemilihan.

Sampai saat ini diketahui sudah ada tiga puluh tiga desa yang dipimpin oleh PJ sebab kekosongan Kepala Desa. Tiga puluh tiga Desa tersebut seharusnya telah dilakukan Pilkades pada tahun 2020 lalu namun dibatalkan sebab adanya instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Tetapi instruksi dari kementerian tidak boleh melaksanakan Pilkades, mau tidak mau harus diundur, karena Pandemi Covid-19, seminggu sebelum tanggal dimulai kita batalkan, karena Covid-19, surat dari Mendagri," ucapnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut