get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Dengar Letusan Peluru Buser Naga, Toloi Terkaget-kaget Keluar dari Lubang Tanah

Minggu, 26 September 2021 | 14:40 WIB
header img
Toloi residivis kambuhan yang kembali berulah curi kabel di Masjid Nurul Falah Ampui Pangkalpinang. (Foto : lintasbabel.id/ Haryanto).

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Jumadi alias Toloi kaget bukan kepalang dengar dua kali letusan peluru didekatnya. Toloi yang terperanjat tiba-tiba keluar dari lubang tanah, sembari meminta ampun kepada Tim Buser Naga Sat Reskrim Polres Pangkalpinang yang sudah menunggunya.

Rupanya, Toloi berada di dalam lubang tanah tersebut untuk sembunyi, menghindari kejaran polisi usai dirinya mencuri disebuah Masjid di tempat tinggalnya di Kelurahan Ampui, Pangkalpinang.

Tim Buser Naga yang mengakap Toloi Sabtu malam kemarin itu, terpaksa mengeluarkan dua kali tembakan peringatan, karena pelaku tak mau keluar dari bungker meski sudah dikepung. Pemuda berusia 19 tahun itu ditangkap usai pengurus Masjid Nurul Falah, melapor telah kemalingan.

"Alhamdulillah dalam hitungan jam kami bisa menindak lanjuti laporan pengurus;yang melaporkan kehilangan sejumlah kabel instalasi AC sekitar pukul 17.00 WIB, dan pada hari yang sama pukul 21.00 WIB kami berhasil mengamankan pelaku, saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan," kata Adi Putra, Minggu (26/9/2021).

Kendati cepat terungkap, pengejaran terhadap pelaku cukup menegangkan. Situasi saat penangkapan juga cukup gelap malam hari, membuat tim herus ekstra hati-hati agar pelaku tak melarikan diri. Apalagi pelaku membuat lobang dalam tanah bentuk seperti bungker di tengah hutan dengan menggunakan spanduk untuk menahan tanah lalu menutupinya dengan daun.

"Ampun Pak (Polisi-red) saya bersalah mencuri kabel di Masjid Nurul Falah tadi sore," ucap Toloi, saat keluar dari bungkernya.

Ia mengaku telah mencuri kabel instalasi dengan memotongnya menggunakan sebuah tang dan di jadikan beberapa gulungan. 

"Saya potong-potong menjadi berberapa bagian dengan tang, lalu menurunkan kabel tersebut. Rencana kabel akan dijual ke pengumpul barang bekas, sedangkan tang untuk memotong saya buang di dekat persembunyian saya," ujarnya.

Toloi ternyata seorang residivis dalam kasus yang sama, bahkan sudah dua kali masuk penjara. Dirinya mengaku bunker tersebut telah dibuatnya tiga hari lalu sebel beraksi.

"Sudah tiga hari buat bunker ini, selain untuk bersembunyi saya gunakan untuk tidur juga. Biar aman dari kerjaan polisi," katanya.

Setelah didalami, Toloi ternyata pernah mencuri Tab dari rumah warga namun gagal karena dikejar masa. Selain itu juga ia pernah mencuri seekor anak babi milik warga.

Dari aksinya di Masjid Nurul Falah, pihak masjid mengalami kerugian Rp 3 juta, selain itu beberapa unit Air Conditioner (AC) juga mengalami kerusakan. 

Sementara, selain mengamankan pelaku Tim Buser Naga juga turut diamankan barang bukti berupa tujuh gulungan kabel dalam kondisi terpotong.

 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut