get app
inews
Aa Read Next : Kakek di Bangka Ditangkap Polisi, Diduga Cabuli Gadis 17 Tahun

Nelayan Beberkan Bukti Tambang Ilegal Tanjung Sunur Masih Beroperasi

Jum'at, 13 Mei 2022 | 23:18 WIB
header img
Bukti berupa foto yang menunjukkan keberadaan tambang ilegal jenis TI Rajuk lengkap dengan koordinat dan waktu pengambilan gambar.

BANGKA, lintasbabel.id - Nelayan Pangkal Niur, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka menyesalkan pemberitaan yang menyebutkan bahwa dikawasan perairan Pulau Dante dan Tanjung Sunur sudah tidak ada lagi aktifitas tambang ilegal. Sebagai bukti, aktifitis nelayan setempat mengirimkan bukti berupa rekaman video dan foto yang menunjukkan keberadaan tambang ilegal jenis TI Rajuk lengkap dengan koordinat dan waktu pengambilan gambar. 

Dalam rekaman vidio dan foto yang diterima lintasbabel.inews.id, tertera remark yang menunjukkan waktu pengambilan gambar yaitu tanggal 13 Mei 2022, pukul 15.31.37 WIB beserta titik koordinatnya. 

Menurut Adan, salah seorang nelayan Pangkal Niur, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan pemantauan langsung ke lokasi yang dilakukan oleh aparat kepolisian, mengingat aktifitas penambangan timah dikawasan tersebut sudah sangat meresahkan dan berpotensi menimbulkan konflik dengan nelayan. 

Namun yang membingungkan adalah ketika muncul pemberitaan yang menyebutkan bahwa giat pemantauan tersebut, tidak menemukan adanya aktifitas tambang dikawasan tersebut. Padahal ada sekitar 20 unit ponton TI rajuk berada diperairan tersebut dilokasi yang sangat terbuka bahkan nampak dari kejauhan. 

"Kami bisa membatah hal tersebut, karena kami menemukan kejanggalan dalam pemberitaan tersebut, hal ini dengan bukti foto dan video yang menunjukkan aktivitas penambangan di perairan pulau Dante dan Tanjung Sunor masih beroperasi," kata Adan. 

Hal senada diungkapkan Eko, nelayan desa Riding Panjang yang berbatasan dengan desa Pangkal Niur menyesalkan munculnya pemberitaan yang menyebutkan bahwa aktifitas tambang ilegal dikawasan tersebut sudah tidak ada lagi. Padahal pada kenyataannya video dan foto yang diambil nelayan menunjukkan bahwa aktifitas tambang masih berlangsung. 

Bahkan Eko mengaku, pada saat  rekan sesama nelayan merekam video dan foto tersebut, dirinya masih melihat adanya sejumlah petugas yang sedang berada dilokasi. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut